RANCANG BANGUN ALAT BANTU DEREK PADA SEPEDA MOTOR

CATUR APRILIYANTONO SASMITA, . (2021) RANCANG BANGUN ALAT BANTU DEREK PADA SEPEDA MOTOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

AGUNG PREMONO, I WAYAN SUGITA, CATUR APRILIYANTONO S. Rancang Bangun Alat Bantu Derek Pada Sepeda Motor. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta : Juli 2021 *ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat bantu derek pada sepeda motor, memperoleh desain yang kokoh, dan efektif dipasangkan pada kendaraan sepeda motor sebagai solusi menyelesaikan permasalahan ban bocor atau mesin mati pada kendaraan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah rekayasa teknik yang menghasilkan sebuah desain hasil uji coba berupa alat bantu derek pada kendaraan sepeda motor. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dimulai dengan melakukan pengukuran pada sampel, kemudian membuat rancangan awal untuk mengetahui desain yang cocok digunakan pada kendaraan, rancangan tersebut divisualisasikan ke bentuk gambar 3D menggunakan software Autodesk Inventor untuk mengetahui profil dan ukuran desain yang digunakan. Kemudian dilakukan perhitungan langsung dan analisis untuk memvalidasi profil dan ukuran desain yang telah diperoleh. Data yang diperoleh pada perhitungan akan dibandingkan dengan hasil analisa software dan spesifikasi bahan. Hasil penelitian ini diperoleh ukuran dan bahan yang aman digunakan pada alat bantu derek pada sepeda motor, diantaranya tebal plat sebesar 11,5 mm dan tebal rod bracket sebesar 4 mm. Beban pada tali sebesar 210 kg dan tegangan tarik tali sebesar 14,75 kg/mm2, dimana nilai tersebut tidak melebihi nilai izin material. Sedangkan pada stress analysis diperoleh nilai safety factor minimal sebesar 0,86 dan 2,19 nilai pada perhitungan masuk pada kriteria analisis tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat bantu yang dirancang aman untuk diaplikasikan. Kata Kunci : Perancangan, Alat Bantu, Stress Analysis, Safety Factor AGUNG PREMONO, I WAYAN SUGITA, CATUR APRILIYANTONO S. Design of Motorcycle Towing Support Tools. Mechanical Engineering Education Study Program. Faculty of Engineering. State University of Jakarta. Skripsi, Jakarta : July 2021 *ABSTRACT* This research aims to design towing support tools on a motorcycle, obtain a solid design, and effectively paired on a motorcycle vehicle as a solution to solve the problem of leaking tires or engine die on the vehicle. The method used in this study is experimental engineering produces a test result design in the trial of towing support tools on motorcycle vehicles. The data collection technique in this study began by taking measurements on samples, then creating an initial design to find out the design suitable for use in the vehicle, the design was visualized into a 3D images using Autodesk Inventor software to find out the profile and size of the design materials. Then direct calculations and analysis are performed to validate the profile and size of the design that has been obtained. The data obtained in the calculation will be compared with the results of software analysis and material specifications. The results of this study obtained sizes and type materials that are safe to use on towing support tools on motorcycles, including a plate thickness is 11.5 mm and a rod bracket thickness is 4 mm. The load on the wire rope is 210 kg and the wire rope tensile strenght is 14.75 kg/mm2, where the value does not exceed the material permit value. While in stress analysis obtained a minimum safety factor value is 0.86 and 2.19, value in the calculation is included in the analysis criteria, so it can be concluded that the tools designed safe to be applied. Keywords : Design, Tools, Stress Analysis, Safety Factor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eng. Agung Premono, M.T. 2) I Wayan Sugita, S.T.,M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 12177 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:16
Last Modified: 31 Aug 2021 01:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18657

Actions (login required)

View Item View Item