CUT SYAHNAZ PUTRI AULIA, . (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen Di TK Trilili Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN JUDUL.pdf Download (105kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (301kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (253kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (240kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (378kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (421kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (386kB) |
|
Text
14. BAB V .pdf Download (167kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran sains dengan pendekatan inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di TK Trilili, Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur dengan sampel penelitian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain Post Test Only Control dan mengumpulkan data dengan instrument observasi (checklist). Perhitungan normalitas yang dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors memperoleh hasil normal pada kedua kelompok, kelas eksperimen memperoleh Lhitung < Ltabel (0,136 < 0,242) dan kelas control memperoleh Lhitung < Ltabel (0,153 < 0,242). Pengujian homogenitas pada penelitian ini mengggunakan uji F, hasil pada kedua data homogeny yaitu Fhitung < Ftabel (1,45 < 2,82). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t hasil yang diperoleh thitung > ttabel (7,893 > 1,717) artinya hipotesis nol ditolak (H0) dan hipotesis alternative (H1) diterima. Hasil dari peneitian ini bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari pembelejaran sains dengan pendekatan inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Pembelajaran sains dengan menggunakan pendekatan inquiry dapat dijadikan cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd 2) Dr. Nurjannah M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 11:59 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 11:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1872 |
Actions (login required)
View Item |