PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen Di TK Trilili Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur)

CUT SYAHNAZ PUTRI AULIA, . (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS DENGAN PENDEKATAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Eksperimen Di TK Trilili Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN JUDUL.pdf

Download (105kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (253kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (378kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (386kB)
[img] Text
14. BAB V .pdf

Download (167kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran sains dengan pendekatan inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Penelitian dilaksanakan di TK Trilili, Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur dengan sampel penelitian anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain Post Test Only Control dan mengumpulkan data dengan instrument observasi (checklist). Perhitungan normalitas yang dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors memperoleh hasil normal pada kedua kelompok, kelas eksperimen memperoleh Lhitung < Ltabel (0,136 < 0,242) dan kelas control memperoleh Lhitung < Ltabel (0,153 < 0,242). Pengujian homogenitas pada penelitian ini mengggunakan uji F, hasil pada kedua data homogeny yaitu Fhitung < Ftabel (1,45 < 2,82). Pengujian hipotesis menggunakan uji-t hasil yang diperoleh thitung > ttabel (7,893 > 1,717) artinya hipotesis nol ditolak (H0) dan hipotesis alternative (H1) diterima. Hasil dari peneitian ini bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari pembelejaran sains dengan pendekatan inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Pembelajaran sains dengan menggunakan pendekatan inquiry dapat dijadikan cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd 2) Dr. Nurjannah M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Nov 2019 11:59
Last Modified: 26 Nov 2019 11:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item