UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU (CURIOSITY) PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (Penelitian Tindakan Kelas Di SMA 1 JAKARTA)

MAISARI HABIR, . (2012) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU (CURIOSITY) PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (Penelitian Tindakan Kelas Di SMA 1 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi lengkap.pdf

Download (620kB)
[img] Text
HAL JUDUL-DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan Rasa ingin Tahu (Curiosity) peserta didik dalam pembelajaran PKn melalui Multimedia di kelas X-5 di SMA Negeri 1 Jakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Tindakan yang dilakukan adalah dengan penerapan penggunaan Multimedia. Pada awal sebelum diadakan penelitian Rasa ingin Tahu peserta didik pada pembelajaran PKn berada pada skor 1,67 dan masih beradah dibawah skor median skala likert yaitu 2, ini menunjukan masih sangat rendah. Pada siklus pertama, Rasa ingin Tahu peserta didik pada pembelajaran PKn berada pada skor 1,94 dan masih berada dibawah skor median skala likert yaitu 2, ini berarti masih sangat rendah. Oleh karena itu, peneliti guru sepakat untuk menjalankan siklus kedua. Pada siklus kedua, Rasa ingin Tahu peserta didik sudah mulai terlihat, hal ini ditandai dengan sudah mulai adanya pertanyaan yang diajukan peserta didik dan Rasa ingin Tahu peserta didik berada pada skor 2,44 sudah berada diatas skor skala likert yakni 2. Namun peneliti masih menganggap kurang maksimal, sehingga bersama guru sepakat melanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus ketiga, Rasa ingin Tahu peserta didik pada pelajaran PKn telah mengalami peningkatan hal ini terlihat dengan skor 3,00 dan berada di atas skor median skala likert yaitu 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Multimedia dalam proses pembelajaran di kelas dapat meningkatkan Rasa Ingin Tahu peserta didik dalam proses pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Prof. Dr.Nadiroh, M.Pd 2.) Prof.Dr.H.Ismail Arianto, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 26 Nov 2019 12:09
Last Modified: 26 Nov 2019 12:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item View Item