Pengajaran Keterampilan Berbicara Di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur'an Wal Hadits Di Bekasi (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif)

SYIFA FAUZIAH, . (2021) Pengajaran Keterampilan Berbicara Di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur'an Wal Hadits Di Bekasi (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Pondok pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits di Bekasi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021, dengan tujuan untuk mengetahui Pengajaran Keterampilan Berbicara Di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits Di Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dan dokumentasi. sedangkan dalam pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi. Penelitian ini dimulai dari Januari 2021 hingga Juli 2021. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengajaran Keterampilan Berbicara Di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits Di Bekasi, selain itu untuk mengetahui apakah proses Pengajaran Keterampilan Berbicara di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits Di Bekasi berjalan efektif atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pengajaran Keterampilan Berbicara di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits menggunakan Metode Mubasyarah. Adapun Penerapan Metode Mubasyarah pada Pengajaran Keterampilan Berbicara adalah langkah pertama guru membacakan kosakata-kosakata kepada para santri langsung menggunakan Bahasa Arab dengan bantuan alat peraga atau media lainnya kemudian para santri mengikuti bersama kosakata-kosakata yang dibacakan oleh guru dan dilakukan secara berulang-ulang sampai para santri memahaminya. Kemudian langkah kedua setelah para santri telah memiliki sejumlah kosakata maka guru mengajarkan kepada mereka kalimat-kalimat sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sampai akhirnya para santri mampu berbicara dengan Bahasa Arab dengan pengucapan yang baik dan benar. 2). Pengajaran Keterampilan Berbicara di Pondok Pesantren Mahasina Darul Qur’an Wal Hadits di Bekasi berjalan dengan baik dan efektif karena mampu menjadikan santrinya berbicara dan berinteraksi dengan Bahasa Arab. This research was conducted at the Mahasina Darul Qur'an Wal Hadits Islamic Boarding School in Bekasi in the even semester of the 2020/2021 academic year, with the aim of knowing the Teaching of Speaking Skills at the Mahasina Darul Qur'an Wal Hadits Islamic Boarding School in Bekasi. The method used in this research is descriptive qualitative analysis method with data collection techniques through classroom observation, interviews and documentation. while checking the validity of the data is done by triangulation. This research starts from January 2021 to July 2021.The focus of this study was to determine the teaching of speaking skills at the Mahasina Darul Qur'an Wal Hadith Islamic Boarding School in Bekasi, in addition to knowing whether the teaching process of speaking skills at the Mahasina Darul Qur'an Wal Hadith Islamic Boarding School in Bekasi was effective or not. The results of this study indicate that 1). Teaching Speaking Skills at the Mahasina Darul Qur'an Wal Hadith Islamic Boarding School using the Mubasyarah Method. The application of the Mubasyarah Method in Teaching Speaking Skills is the first step the teacher reads the vocabularies to the students directly using Arabic with the help of props or other media then the students follow along with the vocabularies that are read by the teacher and done repeatedly until the students students understand it. Then the second step after the students already have a number of vocabulary, the teacher teaches them simple sentences that are often used in everyday life until finally the students are able to speak Arabic with good and correct pronunciation. 2). Teaching Speaking Skills at the Mahasina Darul Qur'an Wal Hadits Islamic Boarding School in Bekasi went well and effectively because it was able to make the students speak and interact with Arabic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zuriyati, M. Pd. ; 2). Dr. Ahmad Murodi, M. A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 12087 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:23
Last Modified: 02 Sep 2021 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18752

Actions (login required)

View Item View Item