PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 CIBINONG

HERTIA LESTARI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DI KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMKN 1 CIBINONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (751kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

HERTIA LESTARI. Pengembangan Media Ajar Aplikasi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Di Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti SMKN 1 Cibinong. Skripsi, Jakarta: Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Januari. 2021. *ABSTRAK* Media ajar aplikasi augmented reality ini media ajar yang dikembangkan dalam rangka penyesuaian media ajar terhadap perkembangan teknologi dan meningkatkan pemahaman materi konstruksi bangunan dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan media pembelajaran augmented reality pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan di kompetensi keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Cibinong. Dengan hasil akhir media ajar yang dapat menampilkan visualisasi objek 3D, serta penjelasan materi dengan audio, dan vitur yang menjelaskan tata letak bagian dari konstruksi bangunan yang di build menjadi sebuah apk. Penelitian ini akan dilakukan di SMK Negeri 1 Cibinong dengan metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model ASSURE. Media ajar aplikasi augmented reality akan diunduh pada masingmasing smartphone peserta didik dan mencetak marker yang akan di uji coba dengan sampel sebesar peserta didik sebanyak 50 siswa dan siswi kelas sepuluh Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti dengan penyampaian materi menggunakan Google Meet serta pengisian kuisioner menggunakan Google Form. Dalam penelitian ini pengembangan media ajar melalui beberapa tahapan pengembangan yaitu analisis, penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan metode, pembuatan media dan juga bahan, partisipasi, serta evaluasi dan perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan presentase sebesar rata-rata sebesar 91% (Sangat Layak); (2) Hasil validasi oleh ahli materi medapatkan presentase sebesar 92% (Sangat Layak); (3) Dan hasil yang diberikan oleh pengguna aplikasi augmented reality rata-rata sebesar 81% (Sangat Layak). Berdasarkan kelayakan dan uji coba terbatas oleh pengguna, dapat disimpulkan bahwa aplikasi augmented reality pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dapat digunakan dalam pembelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan di Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 1 Cibinong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rosmawita Saleh, M. Pd 2) R. Eka Murtinugraha, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 11950 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:00
Last Modified: 31 Aug 2021 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18757

Actions (login required)

View Item View Item