MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PJOK DI SMPN 1 SETU KABUPATEN BEKASI

VICTOR DHIMAS HANDOYO, . (2021) MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PJOK DI SMPN 1 SETU KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 1 SETU KABUPATEN BEKASI VICTOR DHIMAS HANDOYO Skripsi Jakarta: Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta 2021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dan persepsi siswa SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi dalam mengikuti mata pelajaran PJOK. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, metode penelitian ini adalah metode survei. Populasi penelitian ini siswa kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi berjumlah 906 responden. Sehingga terdapat sampel berjumlah 251 responden berdasarkan tabel Isaac signifikan 5%. Teknik sampel adalah proporsional random sampling. Dimensi motivasi belajar dan persepsi siswa dalam angket terbagi menjadi 2 dimensi yaitu : 1) Dimensi intern, 2) Dimensi ekstern. Jumlah pernyataan awal di rancang 31 butir pernyataan dan setelah di lakukan ujicoba maka menjadi 27 butir pernyataan yang valid pada variable motivasi, sedangkan pada variable persepsi pernyataan awal di rancang 32 butir pernyataan dan setelah di lakukan ujicoba menjadi 25 butir pernyataan yang valid. Hasil penelitian ini adalah motivasi belajar dan persepsi siswa dalam mengikuti mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi. Pada variable motivasi skor di kelas interval 93 – 114 menjadi frekuensi terbanyak dengan jumlah 95 siswa (37,58%), Sedangkan pada variable persepsi skor di kelas interval 82 – 88 menjadi frekuensi terbanyak dengan jumlah 106 siswa (42,23%). Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat motivasi yang tinggi dan persepsi yang menengah (tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah) pada siswa dalam mengikuti mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Persepsi Siswa, Pendidikan Jasmani. LEARNING MOTIVATION AND STUDENT’S PERCEPTIONS ON FOLLOWING PHYSICAL EDUCATION LESSONS AT SETU STATE 1 JUNIOR HIGH SCHOOL BEKASI REGENCY VICTOR DHIMAS HANDOYO Undergraduate Thesis Jakarta: Physical Education Faculty Of Sport Science State University Of Jakarta 2021 ABSTRACT This study aims to determine the motivation and perception of student State 1 Junior High School grade VII and VIII Setu Bekasi Regency in take physical education learning. This type of research is descriptive quantitative, this research method is a survey method. The population of this study was the student grade VII and VIII of State 1 Junior High School Setu, Bekasi Regency amount to 906 respondents. There is a sample of 215 respondents according to Isaac table with significant 5% . The sampling technique is proporsional random sampling. Dimensions of learning interest in the questionnaire were dived into 2 dimensions, as follows : 1) Intern, 2) Extern. The number of intial statements is deigned for 31 statement items and after testing, it becomes 27 valid statements on motivation variable, whereas on perception variable the number of intial statements is deigned for 32 statement items and after testing, it becomes 25 valid statements. The result of this study are Students motivation and perception in physical education learning at State 1 Junior High School Setu grade VII and VIII, Bekasi Regency. On motivation variable scores in the interval class 93 – 114 became the highest frequency with a total of 95 students (37,58%). Whereas on perception variable scores in the interval class 82 – 88 became the highest frequency with a total of 106 students (42,23%). Based of this research, it is said that there are high motivation and intermediate redult perception (not too high or not too low) in the physical education learning at State 1 of Junior High School Setu grade VII and VIII, Bekasi Regency. Key word: learning motivation, students perceptions, physical education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Slamet Sukriadi, M.Pd ; 2). Mastri Juniarto, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 11738 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:07
Last Modified: 01 Sep 2021 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18775

Actions (login required)

View Item View Item