SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DI SLB BC CEMPAKA PUTIH

MUHAMMAD YOHALMANSA, . (2021) SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DI SLB BC CEMPAKA PUTIH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik di SLB BC Cempaka Putih secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sub fokus penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, umpan balik dan tindak lanjut supervisi akademik guru sekolah luar biasa di SLB BC Cempaka Putih. Data dihimpun melalui wawancara, pengamatan, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini : Kepala Sekolah SLB BC Cempaka Putih sebagai informan kunci, dan dua guru sekolah SLB BC Cempaka Putih yang disupervisi oleh kepala sekolah sebagai informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; (1) Perencanaan supervisi akademik dilaksanakan secara bersama oleh kepala sekolah dan guru. Kepala sekolah menetapkan tujuan supervisi akademik, menyusun jadwal supervisi, menetapkan instrumen dan teknik supervisi yang digunakan. Sedangkan guru mempersiapkan perangkat administrasi pembelajaran. Langkah perencanaan supervisi di SLB BC Cempaka Putih sudah sesuai dengan teori yang ada, namun terdapat perbedaan dalam menetapkan tujuan supervisi. (2) Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan dengan mengamati dan menelaah perangkat administrasi pembelajaran guru, seperti RPP dan Silabus. Pengamatan diakukan dengan kunjungan kelas dan memanfaatkaan instrument supervisi untuk menilai guru. Aspek yang diamati adalah kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas. (3) Tahapan umpan balik dilakukan yaitu dengan cara kepala sekolah mereview hasil pengamatan yang dilakukan, kemudian guru mengemukakan pendapatnya mengenai pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil review pengamatan tersebut kepala sekolah memberikan saran dan arahan untuk meningkatkan kualitas pengajaran (4) Tindak lanjut supervisi dilakukan dengan melaksanakan rapat pembinaan. Pembinaan dilakukan dengan memberikan saran dalam merancang program pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. This study aims to describe the overall implementation of academic supervision in SLB BC Cempaka Putih. This research uses a qualitative approach with descriptive method. The sub focus of this research is the planning, implementating, feedback, and follow-up of special education teacher academic supervision. Data is collected by interviews, observation, and documentation study. Data suources from this research are : School principal as key informant and two special education teacher which supervised by school principal as supporting informant. This research show that ; (1) Academic supervision planning is carried out jointly by school principal and teacher. The principal sets the goals of academic supervision, arranges a supervision schedule, determines the supervision instruments abd techniques used. Meanwhile, the teacher prepares learning administration tools. Supervision planning steps at SLB BC Cempaka Putih are in accordance with theory, but there are differences in setting the goals of supervision. (2) The Implementation of academic supervision is carried out by observing and reviewing teacher learning administration tools, such a lesson plan and syllabus. Observations were made with class visits and using supervision instruments to assess teachers. The Observed aspect is the suitability of the learning implementation plan with the implementation of learning in the classroom. (3) The feedback stage is carried out by way of the principal reviewing the results of the observations made, then the teacher expresses his opinion about the learning that has been done. From the results of the observation review, the principal provides suggestions and directions to improve the quality of teaching, (4) Follow-up supervision is carried out by holding coaching meetings. Coaching is done by providing advice in designing learning programs and implementing learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd. ; 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 11637 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:21
Last Modified: 07 Sep 2021 02:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

View Item View Item