FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PELAKSANAAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR SECARA DARING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SINTA DWI CAHYANTI, . (2021) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PELAKSANAAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR SECARA DARING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini didasari dengan adanya pandemi COVID-19 yang mengakibatkan pelaksanaan PKM berubah menjadi PKM secara daring. Sebelum melaksanakan PKM, guru pamong memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam pembuataan RPP dan perangkat pembelajaran. Namun mahasiswa masih mengalami kesulitan seperti kurang kreatif dalam pemanfaatan platform sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan pelaksanaan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) secara daring mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 54 mahasiswa PKM dan 31 guru pamong SMK bidang keahlian Teknik Bangunan di Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor kesulitan pelaksanaan PKM secara daring meliputi: berkonsultasi kepada guru pamong dalam penyusunan RPP, kesulitan mengakses Video Conference, melaksanakan pembelajaran daring sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan, memastikan siswa siap mengikuti pembelajaran daring, mengarahkan siswa untuk mengaktifkan kamera saat menggunakan Video Conference, menjelaskan materi pembelajaran, dan memberikan penilaian aspek sikap dan keterampilan. Kata Kunci: Kesulitan, Praktik Keterampilan Mengajar, Daring *ABSTRACT* This research is based on the COVID-19 pandemic which resulted in implementation PKM has changed to PKM online. Before implementing PKM, tutor teachers provides guidance to students in making RPP and learning tools. But students still have difficulties, for example less creative in using the platform as a learning media. The research is to know the difficulty factors implementation teaching practice (PKM) online students Building Engineering Education Study Program State University of Jakarta. The research use quantitative descriptive method. The sample is 54 PKM students and 31 tutor teachers SMK field of Building Engineering expertise in Jakarta. The sample are collected using questionnaire and documentation. The result show that difficulty factors implementation PKM online include: conculting with tutor teachers in the preparation RPP, accessing Video Conference, implementing online learning according to the set time, ensuring students are ready for online learning, activate the camera while using Video Conference, explaining learning material, and provide attitudes and skill assessment. Keywords: Difficulty, Teaching Practice (PKM), Online

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Daryati, MT 2) Dra. Rosmawita Saleh, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12267 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:58
Last Modified: 01 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18842

Actions (login required)

View Item View Item