ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH DOKKAI 3 PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2020/2021

ANNISA PRIMASARI, . (2021) ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH DOKKAI 3 PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN AKADEMIK 2020/2021. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan pada perkuliahan Dokkai 3 di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta secara daring dan kendala atau kesulitan yang dihadapi ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan teori strategi pembelajaran yang dikemukakan oleh Abdul Majid, teori strategi membaca menurut Subadiyono dan teori strategi pembelajaran daring yang dikemukakan oleh Bonk dan Dennen oleh Munir. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada perkuliahan Dokkai 3 di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta menggunakan beberapa gabungan strategi pembelajaran, yaitu strategi Purposive Creative Thinking (PCT) dan strategi streaming expert melalui pembelajaran tidak langsung, interaktif dan mandiri. Dalam pembelajaran daring terdapat kendala atau kesulitan yang terjadi. Kendala karena faktor eksternal adalah masalah jaringan seluler. Kemudian faktor internal dari mahasiswa adalah terdapat beberapa mahasiswa yang sulit fokus serta perkuliahan yang dirasa membosankan. Sementara kendala yang dihadapi oleh dosen pengampu mata kuliah adalah sulitnya melakukan kontrol secara langsung ketika perkuliahan berlangsung. This study aims to determine the online learning strategies used in Dokkai 3 in the Japanese Language Education Study Program, State University of Jakarta and the obstacles or difficulties encountered during the learning process. This study uses the theory of learning strategies proposed by Abdul Majid, the theory of reading strategies according to Subadiyono and the theory of online learning strategies proposed by Bonk and Dennen by Munir. This study uses descriptive analysis method with data collection techniques through observation, interviews and questionnaires. Based on the results of the study, it can be concluded that the Dokkai 3 at the Japanese Language Education Study Program, State University of Jakarta uses several combinations of learning strategies, namely the Purposive Creative Thinking (PCT) strategy and the streaming expert strategy through indirect, interactive and independent learning. In online learning there are obstacles or difficulties that occur. Constraints due to external factors are cellular network problems. Then the internal factor of students is that there are some students who find it difficult to focus and lectures that are felt to be boring. Meanwhile, the obstacles faced by lecturers who support courses are the difficulty of direct control during lectures.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Frida Philiyanti, M.Pd. ; 2). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 11114 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:37
Last Modified: 02 Sep 2021 07:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item View Item