PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP PEMANFAATAN E-LEARNING DENGAN MODEL TAM PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNJ

MELWANDA RIEKA MAHARANI, . (2021) PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP PEMANFAATAN E-LEARNING DENGAN MODEL TAM PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (845kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meengetahui pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan Terhadap Pemanfaatan E-learning dengan Model TAM pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNJ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif, populasi yang digunakan adalah semua mahasiswi Fakultas Ekonomi UNJ. Model dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan dengan program SmartPLS versi 3.0 untuk pengujian hipotesis. Teknik analisis yang dilakukan dalam PLS meliputi tiga tahap yaitu analisis Outer Model, analisis Inner Model dan pengujian hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pertama pengukuran outer model yang terdiri dari cronbach’s alpha dengan nilai > 0.7. Nilai Average Variance Extracted (AVE) > 0,5 dan nilai Composite Reliability > 0,7. Kedua pengukuran inner model yang terdiri dari r2 dengan nilai jalur I sebesar 0,539 dan jalur II sebesar 0,568. Kemudian nilai f2 sikap terhadap penggunaan terhadap niat dalam menggunakan sebesar 0,451, persepsi kemudahan terhadap sikap terhadap penggunaan sebesar 0,380, persepsi kegunaan terhadap sikap terhadap penggunaan sebesar 0,155, persepsi kegunaan terhadap niat dalam menggunakan sebesar 0,112. Nilai VIF lebih kecil dari (<0,5) sehingga tidak terjadi masalah multikolinearitas. Hasil penelitian yang didapatkan adalah persepsi kegunaan berpengaruh langsun terhadap sikap terhadap penggunaan, persepsi kemudahan berpengaruh langsung terhadap sikap terhadap penggunaan, persepsi kegunaan berpengaruh langsung terhadap niat dalam menggunakan, sikap terhadap penggunaan berpengaruh langsung terhadap niat dalam menggunakan, persepsi kegunaan berpengaruh tidak langsung terhadap niat dalam menggunakan dengan sikap terhadap penggunaan sebagai mediasi diantara keduanya, dan persepsi kemudahan berpengaruh tidak langsung terhadap niat dalam menggunakan dengan sikap terhadap penggunaan sebagai mediasi diantara keduanya. The purpose of this study was to determine the effect of perceived usefulness and perceived ease of use on the use of e-learning with the TAM model on students of the Faculty of Economics, UNJ. The research method used is a survey method with a quantitative approach, the population used is all students of the Faculty of Economics, UNJ. The model in this study uses SEM (Structural Equation Modeling) which is operated with the SmartPLS version 3.0 program for hypothesis testing. The analysis technique carried out in PLS includes three stages, namely the analysis of the Outer Model, the analysis of the Inner Model and the testing of hypotheses. The data analysis technique used is the first measurement of the outer model consisting of Cronbach's alpha with a value > 0.7. Average Variance Extracted (AVE) value > 0.5 and Composite Reliability value > 0.7. The two measurements of the inner model consist of r2 with a value of 0.539 for path I and 0.568 for path II. Then the f2 value of attitudes towards using of behavior intentions to use is 0.451, perceived ease of use of attitudes towards using are 0.380, perceived usefulness to attitudes towards using are 0.155, and perceived usefulness to behavior intentions to use are 0.112. The VIF value is smaller than (<0.5) so that there is no multicollinearity problem. The conclusion of this study states that all hypotheses are accepted. The results of study are perceived usefulness have a direct effect on attitudes towards using, perceived ease of use have a direct effect on attitudes toward using, perceived usefulness have a direct effect on behavior intentions to use, attitudes towards using have a direct effect on behavior intentions to use, perceived of usefulness has a inderect effect on intention to use with attitudes towards using as a mediation between both, and perceived ease of use has a indirect effect on intention to use with attitudes towards use as a mediation between both.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Osly Usman, SE., M.Bus, Mgt. Syst. ; 2) Marsofiyati, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 12254 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:57
Last Modified: 01 Sep 2021 07:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18862

Actions (login required)

View Item View Item