EFEKTIFITAS METODE MENGAJAR BERPASANGAN DAN PANTULAN DINDING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 102 JAKARTA TIMUR

Mardhi Ikhwanto, . (2016) EFEKTIFITAS METODE MENGAJAR BERPASANGAN DAN PANTULAN DINDING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 102 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I, II & III.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB IV V dan lampiran 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover, abstrak, kata pengantar, daftar isi.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara metode mengajar berpasangan dengan pantulan dinding terhadap hasil belajar Passing Atas bola voli SMA Negeri 102 Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan sekolah SMA Negeri 102 Jakarta Timur. Penelitian ini di mulai dari November 2015 sampai Desember 2015, dan jadwal setiap hari kamis pukul 08.20 WIB. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dengan menggunakan metode eksperimen dengan jumlah sampel 40 siswa dari jumlah populasi 125 siswa. Populasi ditentukan dari siswa kelas X SMA Negeri 102 Jakarta Timur. Untuk menentukan sampel sebanyak 40 siswa, diadakan random yaitu dibuat kertas undian sebanyak jumlah populasi 125 kertas yang di beri nomor 1 sampai 40 dan disatukan dengan kumpulan kertas lainnya yang tidak diberi nomor. Siswa yang dijadikan sampel yaitu siswa yang mendapatkan nomor urut 1 sampai 40, kemudian di bagi menjadi 2 kelompok masing-masing 20 sampel dimana kelompok A yaitu sampel yang mendapatkan nomor ganjil di berikan proses pembelajaran menggunakan metode mengajar berpasangan dan Kelompok B yaitu sampel yang mendapatkan nomor genap di berikan proses pembelajaran menggunakan pantulan dinding. Kemudian kedua kelompok tersebut dilakukan tes awal melalui tes keterampilan passing atas bola voli. Setelah dilakukan tes awal maka diberikan perlakuan sebanyak 5 kali pertemuan dan setelah itu dilakukan tes akhir. Instrumen tes yang digunakan adalah tes keterampilan passing atas bola voli dengan Reabilitas sebesar 0,88. Teknik Analisa Data yang digunakan adalah analisa data uji “t”, di mulai dengan menghitung nilai t untuk dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: Kelompok yang diberikan metode mengajar berpasangan memperoleh rata-rata 20,25. Nilai standar deviasi dari difference 4,82 , nilai standar error dari mean difference 1,11 dan nilai t hitung 17,2 Kelompok pantulan dinding memperoleh rata-rata 15,45, iii nilai standar deviasi dari difference 4,62, nilai standar error dari mean 1,11 dan nilai t hitung 14. Kedua kelompok ini memperoleh nilai standar deviasi dari metode mengajar berpasangan 39,25 dan pantulan dinding 35,95, nilai standar error perbedaan mean 1,4 t hitung 2,3 dan nilai t tabel 2,02 dengan taraf signifikasi = 0,05 sehingga t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode mengajar berpasangan lebih baik daripada pantulan dinding terhadap hasil belajar Passing Atas Bola Voli siswa kelas X di SMA Negeri 102 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. H. Samsudin, M.Pd ; 2). Drs. Mustara Musa, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Nov 2019 15:52
Last Modified: 26 Nov 2019 15:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item