PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT-METAPHORMING PADA TEKS EKSPOSISI KELAS VIII SMP

ALI SAKTI WIRABUDI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT-METAPHORMING PADA TEKS EKSPOSISI KELAS VIII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PowerPoint-metaphorming pada materi teks eksposisi di sekolah. Fokus penelitian ini adalah pengembangan media PowerPoint-metaphorming pada pembelajaran teks eksposisi. Penggunaan media PowerPoint-Metaphorming ini dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan media PowerPoint-metaphorming menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data yang dikumpulkan dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa media PowerPoint-metaphorming telah berhasil dikembangkan. Kemudian, kualitas media PowerPoint-metaphorming memperoleh kategori Sangat Baik berdasarkan rata-rata penilaian validator, yaitu 90% untuk ahli materi, 80% untuk ahli media, dan penilaian guru sebesar 92%. Selain itu, penilaian respons siswa pada uji coba memperoleh kategori Sangat Baik dengan persentase 88%. Keterbatasan media PowerPoint-metaphorming ini adalah permainan yang dapat dimasukkan ke dalam PowerPoint hanya sebatas kuis berupa pilihan ganda dan papan berputar saja. Diperlukan media pembelajaran lain agar permainan di dalam PowerPoint lebih bervariasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa media PowerPoint-metaphorming pada pembelajaran menulis teks eksposisi sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Saran pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan penelitian berikutnya. ********** This study aims to develop PowerPoint-metaphorming media on exposition text material at school. The focus of this research is the development of PowerPoint-metaphorming media in exposition text learning. The use of PowerPoint-metaphorming media can help students achieve learning objectives well. The research method used is Research and Development (R&D). The PowerPoint-metaphorming media development model uses the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collected was done by observation, interviews, and questionnaires. Data analysis was carried out with qualitative and quantitative analysis. The result of this research is that PowerPoint-metaphorming media has been successfully developed. Then, the quality of PowerPoint-metaphorming media obtained a Very Good category based on the average validator assessment, which was 90% for material experts, 80% for media experts, and teacher ratings of 92%. In addition, the assessment of student responses in the trial obtained the Very Good category with a percentage of 88%. The limitation of this PowerPoint-metaphorming media is that games that can be included in PowerPoint are limited to quizzes in the form of multiple choice and rotating boards. Other learning media are needed so that the games in PowerPoint are more varied. Thus, it can be concluded that this study shows that PowerPoint-metaphorming media in learning to write expository texts is very feasible to be used in learning. Suggestions in this study can be used as a reference for further research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, S.Pd.,M.Phil.(Ling.) ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 11289 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 08:45
Last Modified: 04 Aug 2022 02:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18947

Actions (login required)

View Item View Item