Deandra Annisa Putri, . (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD ( Studi Eksperimen di SDN Gunung 05 Pagi Kebayoran Baru Jakarta Selatan ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (28kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (246kB) |
|
Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf Download (869kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (45kB) |
|
Text
11. Bab 1.pdf Download (165kB) |
|
Text
12. Bab 2.pdf Download (332kB) |
|
Text
13. Bab 3.pdf Download (310kB) |
|
Text
14. Bab 4.pdf Download (344kB) |
|
Text
15. Bab 5.pdf Download (117kB) |
|
Text
16. Daftr Pustaka.pdf Download (41kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative tipe make a match pada sampel siswa kelas V SD dalam mata pelajaran PPKN. Penelitian ini dilakukan di SDN Gunung 05 Pagi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Pengumpulan data dilakukan digunakan menggunakan instrumen tes 22 soal pilihan ganda. Selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dengan uji Liliefors, diperoleh kedua data normal dengan hasil Lhitung < Ltabel yaitu (0,0919 < 0,1610) pada kelas eksperimen dan (0,1001 < 0,1610) pada kelas kontrol. Dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data dan hasilnya kedua data homogen, yaitu Fhitung < Ftabel (1,0179 < 4,20). Adapun pengujian dengan uji -t memperoleh thitung > ttabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model ekspositori. Maka guru perlu memilih model yang tepat untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Linda Zakiah, M.Pd 2) Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 10:34 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 10:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1896 |
Actions (login required)
View Item |