PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD ( Studi Eksperimen di SDN Gunung 05 Pagi Kebayoran Baru Jakarta Selatan )

Deandra Annisa Putri, . (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn KELAS V SD ( Studi Eksperimen di SDN Gunung 05 Pagi Kebayoran Baru Jakarta Selatan ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
4. Lembar Orisinalitas.pdf

Download (869kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf

Download (332kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf

Download (310kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf

Download (344kB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf

Download (117kB)
[img] Text
16. Daftr Pustaka.pdf

Download (41kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative tipe make a match pada sampel siswa kelas V SD dalam mata pelajaran PPKN. Penelitian ini dilakukan di SDN Gunung 05 Pagi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Pengumpulan data dilakukan digunakan menggunakan instrumen tes 22 soal pilihan ganda. Selanjutnya dilakukan pengujian normalitas dengan uji Liliefors, diperoleh kedua data normal dengan hasil Lhitung < Ltabel yaitu (0,0919 < 0,1610) pada kelas eksperimen dan (0,1001 < 0,1610) pada kelas kontrol. Dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher sebagai uji persyaratan data dan hasilnya kedua data homogen, yaitu Fhitung < Ftabel (1,0179 < 4,20). Adapun pengujian dengan uji -t memperoleh thitung > ttabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model ekspositori. Maka guru perlu memilih model yang tepat untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Linda Zakiah, M.Pd 2) Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Nov 2019 10:34
Last Modified: 27 Nov 2019 10:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1896

Actions (login required)

View Item View Item