AHMAD ATHIF FAHDI, . (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI MELALUI VIDEO EDUKATIF DI TPA DARUSSALAM ADIYASA TANGERANG BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (378kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak - Penelitian yang berjudul Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Ilustrasi melalui Video Edukatif di TPA Darussalam Adiyasa Tangerang Barat dilakukan karena melihat adanya kebutuhan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan pada siswa TPA Darussalam maupun pada sekolah pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) meningkatkan kreativitas menggambar ilustrasi siswa dengan menggunakan video edukatif dan pendekatan CTL. (2) meningkatkan keterampilan menggambar ilustrasi siswa dengan menggunakan video edukatif dan pendekatan CTL. (3) menganalisa manfaat penggunaan media video edukatif dengan pendekatan CTL dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa dalam menggambar ilustrasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah hasil karya menggambar ilustrasi siswa TPA Darussalam Adiyasa Tangerang Barat yang berusia 11-12 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi dokumen, dan penilaian hasil karya menggambar ilustrasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif. Pada tahap studi pendahuluan dilakukan pengujian praktik menggambar ilustrasi dan didapati hasil yang terbagi ke dalam kategori yaitu kurang baik dan cukup baik. Hasil temuan menunjukkan perlu adanya solusi untuk meningkatkan hasil menggambar ilustrasi siswa, maka digunakanlah pendekatan CTL dan media video edukatif. Media video edukatif yang digunakan terbagi menjadi 3 kategori, yaitu video materi pembelajaran ilustrasi, video tutorial, dan video edukasi Covid. Tema Covid dipilih karena cocok dengan pendekatan CTL karena mengaitkan pembelajaran dengan tema yang aktual. Dilakukan tahap pemilihan video menggunakan instrumen validasi penilaian media untuk menentukan kualitas video yang akan digunakan. Pada tahapan selanjutnya didapati hasil karya siswa yang berbeda dengan sebelumnya, di tahap ini karya siswa terbagi ke dalam kategori baik, cukup baik dan kurang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dan media video edukatif menunjukan hasiil yang cukup positif meskipun belum terlalu signifikan, hal ini menunjukkan bahwa media video edukatif memiliki potensi yang cukup besar untuk menjadi stimulus dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa di masa mendatang. Kata kunci : Hasil Belajar, Menggambar Ilustrasi, Pendekatan CTL, Media, Video Tutorial, Video Edukatif. ************* The research entitled Improving Learning Outcomes to Draw Illustrations through Educational Videos at TPA Darussalam Adiyasa West Tangerang was conducted because it saw the need to increase creativity and skills in TPA Darussalam students and in schools in general. This research aims to; (1) increase students' creativity in drawing illustrations by using educational videos and CTL approach. (2) improve students' illustration drawing skills by using educational videos and CTL approach. (3) analyzing the benefits of using educative video media with the CTL approach in increasing students' creativity and skills in drawing illustrations. This study uses a qualitative descriptive analysis method. The object in this study is the work of drawing illustrations of students from TPA Darussalam Adiyasa, West Tangerang, aged 11-12 years. Data collection techniques used are observation, interviews, document studies, and assessment of the work of drawing illustrations. While the data analysis technique used is descriptive analysis. At the preliminary study stage, the practice of drawing illustrations was tested and the results were divided into categories, namely less good and good enough. The findings indicate that there is a need for a solution to improve student illustration drawing results, so the CTL approach and educational video media are used. The educational video media used are divided into 3 categories, namely illustration learning material videos, tutorial videos, and Covid educational videos. The Covid theme was chosen because it fits the CTL approach because it relates learning to the actual theme. The video selection stage is carried out using a media assessment validation instrument to determine the quality of the video to be used. At the next stage, it was found that the work of students was different from before, at this stage the work of students was divided into good, quite good and not good categories. The results of this study indicate that the use of the CTL approach and educative video media shows quite positive results although it is not too significant, this indicates that educational video media has considerable potential to become a stimulus in improving students' creativity and skills in the future. Keywords: Learning Outcomes, Drawing Illustrations, CTL Approach, Media, Video Tutorials, Educational Videos.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Caecilia Tridjata, S., M.Sn. ; 2). Eko Hadi Prayitno, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Kesenian > Seni Menggambar |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Users 12311 not found. |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 01:37 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 01:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18971 |
Actions (login required)
View Item |