PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA DIGITAL PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

NURKAMILLAH RAMADHANTI, . (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA DIGITAL PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (970kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (955kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa ensiklopedia digital pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keberagaman budaya Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Responden dalam pengembangan ini terdiri dari satu ahli materi, satu ahli media, dan satu ahli bahasa. Dikarenakan pandemi Covid-19, uji coba pengguna hanya sampai pada tahap one-to-one dengan 3 peserta didik dan tahap small group dengan 5 peserta didik kelas IV yang berada di sekitar rumah peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil uji coba pengembangan bahan ajar ensiklopedia digital kepada para ahli diperoleh nilai rata-rata 95% untuk ahli materi, 75% untuk ahli media, dan 93,75% untuk ahli bahasa. Hasil uji coba pengguna 90% untuk tahap one-to-one dan 100% untuk tahap small group. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar ensiklopedia digital termasuk ke dalam kategori “sangat baik” sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi keberagaman budaya Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. This research and development aim to produce digital encyclopedia instructional materials in Social Studies Lesson on Indonesia Cultural Diversity Material in 4th grade elementary school. Respondents in this development consisted of one material expert, one media expert, and one linguist. Due to the Covid-19 pandemic, the user trial only reached one-to-one stage with 3 students and small group stage with 5 students in 4th grade around the researcher’s house. The research method used is research and development (R&D) using the ADDIE model. Data collection techniques used were observation, interview, and questionnaires. The results of testing the development of digital encyclopedia instructional materials to experts obtained an average value of 95% for material expert, 75% for media expert, and 93,75% for linguist. 90% user trial results for the one-to-one stage and 100% for the small group stage. This shows that digital encyclopedia instructional materials is included in the category of “very good” so that it is feasible to use in Social Studies Lesson on Indonesia Cultural Diversity Material in 4th grade elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, M.Pd. ; 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11900 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:33
Last Modified: 07 Sep 2021 02:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19010

Actions (login required)

View Item View Item