MODEL PEMBELAJARAN TARI STAD UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA SD

FUTARIKO PUSPITASARI, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN TARI STAD UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran tari untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa SD dan menggambarkan proses pengembangan kecerdasan kinestetik siswa dalam pembelajaran tari. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendeketan kepustakaan (library research). Hasil penelitian menjelaskan bahwa model pembelajaran tari STADdapat mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa SD, karena dalam proses pengembangan kecerdasan kinestetik siswa dituntut untuk memiliki kemampuan menggunakan seluruh tubuhnya, pikiran, dan rasa yang sangat berkaitan erat dengan pembelajaran tari, dan sesuai dengan aspek dalam kecerdasan kinestetik. Model pembelajaran tari STAD dapat mengunggah potensi anak secara optimal karena menekankan pada pembelajaran kelompok, sehingga dapat mengembangkan tanggung jawab, kreatifitas, keaktifan siswa serta berperan sebagai tutor sebaya untuk meningkatkan keberhasilan kelompok. Keaktifan siswa bergerak secara kelompok dapat meningkatkan motivasi, dan membuat siswa rajin berlatih gerak tari sehingga dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa. Kata kunci: Model STAD, Pembelajaran Tari, Kecerdasan Kinestetik. ********* This research aims to illustrate the use of STAD learning models in dance learning to develop the kinesthetic intelligence of elementary students and describes the process of developing students' kinesthetic intelligence in dance learning. The research method used is qualitative research with a library research. The results explained that the Model Of Dance Learning Student Team Achievement division To Develop Kinesthetic Intelligence of Elementary Students., Because in the process of developing kinesthetic intelligence students are required to have the ability to use their entire body, mind, and taste that is closely related to dance learning, and in accordance with aspects in kinesthetic intelligence. Student Team Achievement Division Modeldance learning model can upload children's potential optimally because it emphasizes group learning, so as to develop responsibility, creativity, student activity and act as peer tutors to increase group success. The activeness of students moving in groups can increase motivation, and make students diligently practice dance moves so as to develop the kinesthetic intelligence of students. Keywords: Model STAD, Dance Learning, Kinesthetic Intelligence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Kesenian > Seni Tari
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 11200 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 09:18
Last Modified: 02 Sep 2021 09:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19020

Actions (login required)

View Item View Item