ANANDA NABILAH SHALIHATI, . (2021) KEPERCAYAAN DIRI SISWI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII A B C D DI MTS NEGERI 6 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (779kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (87kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan data dan mendeskripsikan tentang kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran tari tentang keyakinan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis. Hasil dari penerapan pembelajaran tari oleh guru di Mata pelajaran Seni Budaya di MTs Negeri 6 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas VIII A B C D dalam pembelajaran tari mata pelajaran Seni Budaya di MTs Negeri 6 Jakarta. Konsep-konsep yang digunakan untuk menjelaskan masalah penelitian ini adalah konsep kepercayaan diri, dan konsep pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka, dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa lima aspek kepercayaan diri, yaitu keyakinan akan kemampuan diri, objektif, observasi, bertanggung jawab, dan rasional dan realistis dimiliki oleh para siswi MTs Negeri 6 Jakarta kelas 8 A B C D, dalam proses belajar menari karena aktivitas pembelajaran yang dirancang dan diterapkan oleh guru, serta kemampuan guru memberikan motivasi dan apresiasi selama kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Kesimpulannya adalah kepercayaan diri para siswi dalam pembelajaran tari baik, karena pembelajaran yang diterapkan oleh guru tari, dan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri para siswi, seperti konsep diri, harga diri, pengalaman, dan pendidikan. ******** This study aims to generate data and describe students' self-confidence in learning dance about self-efficacy beliefs, optimism, objective, responsibility, rational and realistic. The results of the application of dance learning by teachers in the Cultural Arts Subject at MTs Negeri 6 Jakarta. This research uses descriptive analysis research method, with a qualitative approach. The subjects of this study were students of class VIII A B C D in learning dance in the Arts and Culture subject at MTs Negeri 6 Jakarta. The concepts used to explain this research problem are the concept of self-confidence, and the concept of learning. Data collection techniques are observation, interviews, document studies, and literature studies, and analyzed qualitatively. The results of the study found that five aspects of self-confidence, namely belief in self-ability, objective, observation, responsibility, and rational and realistic are owned by the students of MTs Negeri 6 Jakarta, in the process of learning to dance, because of the learning activities designed and implemented by the teacher, and the ability of teachers to provide motivation and appreciation during the ongoing learning activities. The conclusion is that the students' self-confidence in learning dance is good, because of the learning applied by the dance teacher, and the factors that affect the students' self-confidence, such as self-concept, self-esteem, experience, and education.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. ; 2). Dra. Kartika Mutiarasari, M.Pd. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 11167 not found. |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 08:48 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 08:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19127 |
Actions (login required)
View Item |