PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK (STUDI PADA KELAS X BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI 1 SMK NEGERI 1 JAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)

BALADIL AMIN, . (2021) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK (STUDI PADA KELAS X BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI 1 SMK NEGERI 1 JAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X BKP 1 di SMK Negeri Jakarta tahun ajaran 2020/2021 dengan metode pembelajaran Tutor Sebaya yang memiliki tujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis and McTaggart. Penelitian dilakukan dengan diawali pra siklus, yaitu keadaan kelas sebelum penerapan metode tutor sebaya, dan dua siklus dengan penerapan metode tutor sebaya. Menggunakan teknik pengumpulan data yang utama adalah lembar observasi keaktifan siswa dan pendukung seperti wawancara, catatan lapangan, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Sebelum menerapkan metode Tutor Sebaya keaktifan belajar siswa mendapatkan rata-rata keaktifan belajar sebesar 38,38%. Kemudian dilakukan penerapan metode Tutor Sebaya pada siklus I dan siklus II yang masing-masing mendapatkan rata-rata keaktifan belajar sebesar 57% dan 73,68%. Diharapkan kedepanya guru dapat menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariatif dan kolaboratif agar lebih meningkatkan interaksi antara guru dan siswa salah satunya adalah metode pembelajaran Tutor Sebaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Muhammad Agphin Ramadhan, M. Pd 2) Anisah, MT
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12371 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:22
Last Modified: 02 Sep 2021 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19196

Actions (login required)

View Item View Item