PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI MERUYA UTARA 05 PAGI

IKA KUNAENI, . (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI MERUYA UTARA 05 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru pada masa pandemi COVID-19 di SD Negeri Meruya Utara 05 Pagi. Sub fokus penelitian ini adalan peran kepala sekolah dalam menciptakan suasana kerja, peran kepala sekolah dalam membina disiplin kerja, dan peran kepala sekolah dalam memberikan penghargaan untuk meningkatkan motivasi kerja pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, serta tiga guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saat ini suasana kerja guru mengalami banyak perubahan yang membuat guru menjadi mudah lelah, jenuh, dan sulit fokus dalam bekerja. Maka, dibutuhkan peran kepala sekolah dalam menciptakan suasana kerja untuk meningkatkan motivasi kerja guru dilakukan dengan sikap kekeluargaan atau terbuka, menjalin komunikasi secara intensif, mendukung guru mengembangkan kemampuannya, evaluasi serta memonitoring kerja guru dengan bergabung dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ); (2) Disiplin kerja guru pada saat ini lebih mengutamakan pada ketepatan waktu dan tanggung jawab guru. Peran kepala sekolah dalam membina disiplin kerja untuk meningkatkan motivasi kerja guru dilakukan dengan menetapkan peraturan yang tidak membebani guru dan menerapkan aturan yang disepakati bersama. Selain itu didukung oleh faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi seorang guru untuk tetap disiplin dalam bekerja; (3) Peran kepala sekolah dalam memberikan penghargaan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dilakukan dengan memfasilitasi para guru untuk mengembangkan kemampuannya, selalu mengapresiasi kerja guru yang berprestasi dan telah melakukan pekerjaannya dengan baik. Tetapi, beberapa guru tetap kurang inovatif dan penghargaan secara administrasi belum tercatat dengan lengkap. This study aims to describe the role of school principals in increasing teacher work motivation during the COVID-19 pandemic at SD Negeri Meruya Utara 05 Pagi. The sub-focus of this research is the role of the principal in creating a work atmosphere, the role of the principal in fostering work discipline, and the role of the principal in giving awards to increase work motivation during the COVID-19 pandemic. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data was collected through interviews, observations, and documentation studies. Informants in this study included: the principal, vice principal, and three classroom teachers. The results of the study show that: (1) At present the working atmosphere of teachers has undergone many changes which make teachers easily tired, bored, and difficult to focus on work. So, it takes the role of the principal in creating a work atmosphere to increase the motivation of teachers to work with a family or open attitude, establish intensive communication, support teachers to develop their abilities, evaluate and monitor teacher work by joining study form home (PJJ); (2) The work discipline of teachers currently prioritizes punctuality and teacher responsibilities. The role of the principal in fostering work discipline to increase teacher work motivation by establishing regulations that do not burden teachers and applying mutually agreed rules. In addition, it is supported by internal and external factors that influence a teacher to remain disciplined at work; (3) The role of the principal in providing awards to increase teacher work motivation is carried out by facilitating teachers to develop their abilities, always appreciating the work of teachers who excel and have done their job well. However, some teachers remain less innovative and the administrative rewards are not yet fully recorded.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Neti Karnati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 12364 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:09
Last Modified: 03 Sep 2021 04:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19261

Actions (login required)

View Item View Item