HUBUNGAN ANTARA PERILAKU KREATIF GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN MAMPANG PRAPATAN JAKARTA SELATAN

VENNY AYU FEBRILIANA, . (2021) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU KREATIF GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN MAMPANG PRAPATAN JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa selama dilakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Rendahnya motivasi tersebut tidak lepas dari peran seorang guru dalam mengimplementasikan perilaku kreatifnya pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku kreatif guru dengan motivasi belajar siswa selama pandemi Covid-19 di Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 304 siswa. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, uji signifikansi regresi dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan Korelasi Product Moment, Koefisien Determinasi dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perilaku kreatif guru (X) berada pada kategori sedang dengan persentase 65% dan berada pada skala pengukuran sering dengan persentase 34%, 2) motivasi belajar siswa (Y) berada pada kategori sedang dengan persentase 69% dan berada pada skala pengukuran kuat dengan persentase 33%, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara perilaku kreatif guru (X) dengan motivasi belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukkan oleh r hitung = 0,605 > r tabel = 0,113 dengan koefisien determinasi sebesar 36,6% lalu t hitung = 13,205 > t tabel = 1,9678. This research based on the problem of low students’ learning motivation during distance learning. The low motivation of student can’t be separated from the role of teachers in implementing creative behaviour during distance learning at Covid-19 pandemic. This research aims at finding out the relationship between teachers' creative behaviour with students' learning motivation of public junior high school during Covid-19 pandemic in Mampang Prapatan Sub-district, South Jakarta. The type of this research is quantitative with correlation approach. The sample of this study was 304 students. Data analytic prerequisite test used normality, regression significance test and linearity tests. Hypothetic test used product moment correlation, coefficient of determination and t-test. The result of this research shows that: 1) the teachers’ creative behaviour (X) is in the medium category with a percentage of 65% and is in an often scale with a percentage of 34%, 2) the students’ learning motivation is in the medium category with a percentage of 69% and is in a strong scale with a percentage of 33%, 3) there is a positive and significant correlation between teachers’ creative behaviour (X) and students' learning motivation (Y). This is show by r count = 0,605 > r table = 0,113 with coefficient of determination 36,6% then t count = 13,205 > t table = 1,9678.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Hj. Eliana Sari, M.M. 2. Dr. H. Sugiarto, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 12419 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:17
Last Modified: 08 Jun 2022 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19281

Actions (login required)

View Item View Item