PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARI

PUTRI AJENG WULAN JULITASARI, . (2021) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN TARI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media video interaktif untuk meningkatkan minat siswa pada pembelajaran tari. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Data penelitian ini diperoleh dari sumber data yang digunakan dalam penelitian meliputi jurnal ilmiah, untuk memperoleh data tentang minat siswa, pembelajaran tari, media video interaktif. Sumber buku yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku fisik dan buku elektronik mengenai minat siswa, pembelajaran tari, media video interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video interaktif dapat meningkatkan minat siswa dan mengembangkan sikap kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dalam pembelajaran tari serta media video interaktif dapat memperkuat siswa dalam merasakan unsur emosi dan penyikapan dari pembelajaran yang efektif, dan siswa turut aktif selama pembelajaran berlangsung sehingga terbentuk sikap personal dan sosial siswa menjadi lebih baik. Penggunaan media video interaktif dalam pembelajaran tari dapat meningkatkan minat siswa. This study aims to illustrate the use of interactive video media to increase students' interest in dance learning. The research method used is qualitative research with library research approach. This research data is obtained from data sources used in research including scientific journals, to obtain data on students' interests, dance learning, interactive video media. The sources of books used in this study are physical books and electronic books on students' interests, dance learning, interactive video media. Based on the results of research it can be concluded that interactive video learning media can increase student interest and develop cognitive, affective, and psychomotor attitudes of students in dance learning as well as interactive video media can strengthen students in feeling emotional elements and disclosure of effective learning, and students are active during learning so that students form personal and social attitudes for the better. The use of interactive video media in dance learning can increase students' interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 11240 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:53
Last Modified: 06 Sep 2021 09:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item View Item