PEMBELAJARAN BIOLA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUZUKI PADA ANAK USIA DINI

NIKITA DEBORA SIREGAR, . (2021) PEMBELAJARAN BIOLA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUZUKI PADA ANAK USIA DINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pembelajaran biola dengan metode Suzuki pada anak usia dini. Metode Penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode sistematik review. Tempat Penelitian dilakukan di Jalan Mawar Merah Raya, Jakarta Timur. Waktu Penelitian dilakukan pada Maret 2021 sampai dengan Juli 2021. Objek pada penelitian ini adalah metode Suzuki yang diterapkan dalam pembelajaran Biola. Sumber data yang digunakan dalam metode penelitian ini berupa buku, artikel, dan jurnal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan database melalui studi kepustakaan yang terdapat pada google scholar, mendeley, jstor, cambridge, springer, proquest dan sagepub. Selanjutnya, teknik analisis penelitian yang dilakukan yaitu dengan teknik analisis sistematik review yang bersifat naratif. Hasil Penelitian bahwa pembelajaran biola dengan menggunakan metode Suzuki dimulai sejak usia 2 atau 3 tahun pada anak usia dini. Pembelajaran biola dengan menggunakan metode Suzuki juga menggunakan pendekatan melalui bahasa ibu dengan terlebih dahulu dicontohkan cara memainkan biola setelah itu anak memperhatikan lalu anak mencoba memainkan biola serta mengulanginya berkali-kali agar dapat memainkan biola dengan artikulasi, dinamika serta intonasi yang tepat. Penggunaan rekaman juga yang akan membantu pembelajaran biola pada anak usia dini karena anak dengan mudah dapat mengulanginya berulang-ulang ketika anak mengalami kesulitan dalam pembelajaran biola serta dalam metode Suzuki keterlibatan orang tua sangat memiliki peranan penting yang akan membantu anak ketika mengalami kesulitan dalam pembelajaran biola. Orang tua diharapkan hadir dalam kelas ketika anak mempelajari biola dan orang tua juga mengikuti pelatihan biola sebelum anak mempelajari biola tersebut dengan begitu anak dan orang tua memiliki komunikasi yang intensif yang akan menghasilkan ikatan emosi antara keduanya. Serta dukungan dan motivasi dari lingkungan sekitar akan membantu anak dalam pembelajaran biola. The purpose of this study is to find out how to learn violin using the Suzuki method in early childhood. The research methodology used by researchers in this study is a systematic review method. The location of the research was in Jalan Mawar Merah Raya, East Jakarta. The time period of the research was from March 2021 to July 2021. The object of this research is the Suzuki method which is applied in learning the violin. Sources of data used in this research method are in the form of books, articles, and journals. Data collection was carried out using a database through literature studies found on Google Scholars, Mendeley, Jstor, Cambridge, Springer, Proquest, and Sagepub. Furthermore, the research analysis technique carried out is a systematic review technique with a narrative nature. The results of this study that learning the violin using the Suzuki method begins at the age of 2 or 3 years in early childhood. Learning the violin using the Suzuki method also uses an approach through the mother tongue, first exemplified how to play the violin after the child pays attention and then tries to play the violin and repeatedly so that he can play the violin with proper articulation, dynamics and intonation. The use of recordings will also help learning the violin in early childhood because it is easy to repeat when children have difficulty in learning the violin and in the Suzuki method, parental involvement has an important role that will help children when experiencing difficulties in learning the violin. Parents are expected to be present in class when the child learns the violin and parents also follow before the child learns the violin so that the child and parents have an intense communication that will generate emotions between the two. As well as support and motivation from the surrounding environment will help children in learning the violin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Hermawati D.A, M.Pd ; 2). Dra. Lucy Martiati Nst, M.Pd
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 11708 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:46
Last Modified: 06 Sep 2021 07:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19332

Actions (login required)

View Item View Item