KONSEP MEDIA PODCAST SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR PERCAKAPAN BAHASA JEPANG TINGKAT DASAR

M RANGGA RAMADHAN, . (2021) KONSEP MEDIA PODCAST SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR PERCAKAPAN BAHASA JEPANG TINGKAT DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ISI.pdf

Download (971kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy

Abstract

Media siaran podcast sudah menjadi tren dalam beberapa tahun belakangan ini dan sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Penggunaan podcast sebagai media informasi tersedia di berbagai platform digital yang sangat mudah diakses kapan pun dan di mana pun sesuai dengan kebutuhan pendengar. Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pemelajar Bahasa Jepang terbesar ke-2 di dunia. Media podcast dapat menjadi salah satu alternatif belajar percakapan Bahasa Jepang. Pengumpulan data dalam penulisan makalah ini dengan menyebarkan kuesioner melalui google form secara daring. Hasil penulisan makalah ini adalah seluruh responden tahu apa itu podcast dan sebagian besar pernah mendengarkan podcast. Sebagian besar responden menjawab mengalami kesulitan dalam percakapan Bahasa Jepang, dan belum pernah menggunakan podcast dalam belajar Bahasa Jepang. Media podcast cocok sebagai media alternatif untuk belajar Bahasa Jepang. Pemelajar dapat menggunakan platform digital yang telah tersedia dan mudah digunakan kapan pun, di mana pun serta dapat memutar ulang kembali materi pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. ******The concept of podcast media as an alternative to learning basic level Japanese conversation. Paper. Japanese Language Education Study Program. Faculty of Language and Art. State University of Jakarta. Podcast broadcast media has become a trend in recent years and is no stranger to the public. The use of podcasts as a medium of information is available on various digital platforms that are very easy to access anytime and anywhere according to the needs of listeners. Indonesia is one of the countries with the 2nd largest number of Japanese language learners in the world. Podcast media can be an alternative to learning Japanese conversation. Collecting data in writing this paper by distributing questionnaires through online google forms. The result of writing this paper is that all respondents know what a podcast is and most of them have listened to podcasts. Most of the respondents answered that they had difficulty in Japanese conversation, and had never used podcasts in learning Japanese. Podcast media is suitable as an alternative medium for learning Japanese. Students can use digital platforms that are readily available and easy to use anytime, anywhere and can replay the desired learning materials according to their needs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Cut Erra Rismorlita, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 11453 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:04
Last Modified: 14 Sep 2021 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item View Item