PEMBELAJARAN QOWAID BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SISWA KELAS VII DI PONDOK PESANTREN MAHASINA DARUL QURAN WAL HADIST BEKASI

HARTINA, . (2021) PEMBELAJARAN QOWAID BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SISWA KELAS VII DI PONDOK PESANTREN MAHASINA DARUL QURAN WAL HADIST BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pembelajaran Qowaid Bahasa Arab (nahwu dan sharaf) dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning siswa kelas VII di Pondok Pesantren Mahasina Darul Quran wal Hadist Bekasi dengan tujuan utama dari penulisan skripsi ini adalah terdiri dari tiga hal yaitu mendeskripsikan (1) bagaimana pembelajaran Qowaid Bahasa Arab guna meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning siswa kelas VII (2) faktor kelebihan, kekurangan serta solusi dari pembelajaran tersebut dan juga mengetahui (3) bagaimana kemampuan membaca kitab kuning siswa kelas VII di Pondok Pesantren Mahasina Bekasi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan studi penelitian lapangan (field research). Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dari sumber data primer maupun sekunder. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa pembelajaran Qowaid Bahasa Arab di Pesantren Mahasina terdiri dari beberapa komponen seperti pemilihan materi (buku) dengan menggunakan kitab jurumiyah untuk pelajaran nahwu dan kitab al-amtsilah at-tashrifiyah, qowaidul i'lal, al-kailani untuk pelajaran Sharaf. Metode yang di gunakan yaitu metode qiyasiyah, hafalan dan tanya jawab. Media yang digunakan yaitu buku, papan tulis, spidol dan penghapus papan tulis dan Evaluasi yang digunakan menggunakan 3 jenis tes yaitu : tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik. Adapun faktor pendukung pada pembelajaran Qowaid kelas VII adalah semua siswa kelas VII tinggal dipesantren sehingga memudahkan proses pembelajaran, sarana prasarana yang memadai, kemampuan guru dalam menyampaikan materi, dan faktor kekurangan nya adalah kurang nya waktu pada pelajaran Qowaid sehingga mengakibatkan kurang maksimal nya penyampaian materi, keadaan siswa kelas VII yang belum mengenal Bahasa Arab adapun solusi dari faktor kekurangan tersebut adalah guru mengadakan kelas tambahan dimalam hari dan guru menerapkan metode/sistem hafalan guna meningkatkan mufradath siswa yang belum mengenal Bahasa Arab, sedangkan untuk kemampuan membaca kitab kuning siswa kelas VII masih dalam standarisasi yang dibilang cukup baik. Kata kunci : pembelajaran qowaid, nahwu sharaf, kitab kuning ************** This research was learning of Arabic Qowaid (nahwu and sharaf) in improving the ability to read the yellow book of 7th grade students at Mahasina Darul Quran wal Hadist Islamic Boarding School, Bekasi with the main objective of writing this research consisting of three things, namely describing (1) how learning Arabic Qowaid in order to improve the ability to read the yellow book of grade 7 students (2) the advantages, disadvantages and solutions of the learning and also to know (3) how the ability to read the yellow book of grade 7 students at Mahasina Darul Quran wal Hadist Islamic Boarding School, Bekasi To answer this question, the research uses a descriptive qualitative approach with a field research study design. In this study, researchers used the methods of observation, interviews, and documentation as a means of collecting data from primary and secondary data sources. From the results of research conducted by researchers, it shows that learning Arabic Qowaid in Mahasina Islamic Boarding School consists of several components such as the selection of material (books) using the Jurumiyah book for nahwu lessons and the Al-amtsilah At-tashrifiyah, Qowaidul I'lal, Al-kailani books for sharaf lessons. The method used is the method of qiyasiyah, memorization and question and answer. The media used are books, whiteboard, markers and whiteboard erasers and the evaluation used uses 3 types of tests, namely written tests, oral tests, and practical tests. The supporting factors in 7th grade qowaid learning are all 7th grade students living in Islamic boarding schools so as to facilitate the learning process, adequate infrastructure, the teacher's ability to convey material, and the deficiency factor is the lack of time in qowaid lessons, resulting in less than the maximum delivery of material, the situation of grade 7 students who are not familiar with arabic as for the solution to the shortage factor is that the teacher holds additional classes at night and the teacher applies a method / memorization system to improve the mufradath of students who do not know Arabic. While the ability to read the yellow book of grade 7 students is still in standardization which is considered quite good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Dr. Ahmad Murodi, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 12086 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:21
Last Modified: 09 Sep 2021 03:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19436

Actions (login required)

View Item View Item