PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK BINA PANGUDI LUHUR JAKARTA

RISMAWATI NURUL FADILAH, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK BINA PANGUDI LUHUR JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (252kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung dari Februari 2021 sampai Juli 2021. Metode penlitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas XI OTKP di SMK Bina Pangudi Luhur. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 100 siswa dengan teknik regresi linier berganda. Data variabel X1 (Blended Learning) dan X2 (Motivasi Belajar) merupakan data primer dengan menggunakan skala likert. Sedangkan data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder dari tes uji formatif. Teknik analisis data menggunakan SPSS 25.0 dengan hasil uji F dalam tabel anova adalah Fhitung (3,757) > Ftabel (3,09). Uji T dalam analisis penelitian ini adalah sebesar Thitung X1 (2,651) > Ttabel (1,666071) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positip antara Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar. Kemudian untuk Thitung X2 (1,689) < Ttabel (1,666071) dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positip antara Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Berdasarkan hasil analisis data bahwa penelitian ini memiliki persamaan regresi berganda Y = 80,317 + 1,095 X1 + 0,353 X2. Uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,072 yang berarti Model Pembelajaran Blended Learning (X1) dan Motivasi Belajar (X2) berpengaruh terhadap Hasil Belajar (Y) sebesar 7,2%. This study aims to determine the effect of the Blended Learning Model and Learning Motivation on Student Learning Outcomes at SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta.This research was conducted for 6 months starting from February 2021 to July 2021. The research method used was a survey method. The research population was all students in class XI OTKP at SMK Bina Pangudi Luhur. The sample used in this study was 100 students with multiple linear regression techniques. Variable data X1 (Blended Learning) and X2 (Learning Motivation) are primary data using a Likert scale. While the data variable Y (Learning Outcomes) is secondary data from formative test tests. The data analysis technique used SPSS 25.0 with the results of the F test in the ANOVA table being Fcount (3.757) > Ftable (3.09). The T-test in the analysis of this research is Tcount X1 (2.651) > Ttable (1.666071) it can be concluded that there is a positive influence between the Blended Learning Learning Model on Learning Outcomes. Then for Tcount X2 (1.689) < T table (1.666071) it can be concluded that there is a positive influence between Learning Motivation on Learning Outcomes. Based on the results of data analysis that this study has a multiple regression equation Y = 80.317 + 1.095 X1 + 0.353 X2. The coefficient of determination test (R2) is 0.072, which means that Blended Learning (X1) and Learning Motivation (X2) have an effect on Learning Outcomes (Y) of 7.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Roni Faslah, S.Pd., M.M. ; 2. R Firdausi Rachmadania, S.E., M.SM.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 12208 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:33
Last Modified: 06 Jul 2022 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item View Item