PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) ANSAMBEL MUSIK PADA MASA PANDEMI DI SMAK ABDI SISWA PATRA JAKARTA

MARCEILA WIJAYA, . (2021) PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) ANSAMBEL MUSIK PADA MASA PANDEMI DI SMAK ABDI SISWA PATRA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran ansambel musik yang dilaksanakan secara jarak jauh pada masa pandemi di SMAK Abdi Siswa Patra Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di SMAK Abdi Siswa Patra melalui zoom dengan waktu penelitian dari bulan Maret sampai dengan akhir bulan Mei 2021. Objek pada penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran ansambel musik yang dilakukan secara jarak jauh pada masa pandemi di SMAK Abdi Siswa Patra Jakarta. Sumber data yang digunakan dalam metode penelitian ini berupa observasi, wawancara, serta sumber tertulis seperti buku, artikel, dan jurnal. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis penelitian yang dilakukan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran ansambel musik yang dilakukan dengan jarak jauh di SMAK Abdi Siswa Patra Jakarta. Terdapat langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam 8 (delapan) pertemuan dengan alokasi waktu 60 menit pada setiap pertemuan. Pada setiap pertemuan terdapat kegiatan pembuka, kegiatan inti, serta kegiatan penutup. Dalam pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 3, terdapat materi yang mengacu pada kompetensi dasar 3.1 yaitu berupa konsep musik barat, bentuk pertunjukan musik barat, unsur-unsur musik, akor, serta teknik bermain alat musik. Selanjutnya, pada pertemuan 4 sampai dengan pertemuan 8, terdapat materi yang mengacu pada kompetensi dasar 4.1, yaitu praktek dengan bermain ansambel musik yang dilakukan dengan jarak jauh. Dalam pembelajaran ansambel musik, pendidik menampilkan partitur serta audio terlebih dahulu, membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan instrumen yang dipelajari, membaca notasi secara bergantian pada setiap instrumen, dan pendidik mengarahkan cara peserta didik rekaman di rumah masing-masing. Kemudian, peserta didik mengumpulkan hasil rekaman mereka dan pendidik melakukan proses editing baik dalam audio maupun video. Setelah video ansambel musik selesai, pendidik menampilkan video tersebut kepada peserta didik dan melakukan evaluasi dengan penilaian keterampilan (psikomotorik). The aim of this research to describe learning a musical ensemble that carried out by distance learning during the pandemic at SMAK Abdi Siswa Patra Jakarta. The Research Methodology is descriptive qualitative research. The research was conducted at SMAK Abdi Siswa Patra Jakarta via Zoom Meeting since March to the end of May 2021. The object of this research is implementation of distance learning music ensemble during the pandemic at SMAK Abdi Siswa Patra Jakarta. Source of data used in this research method is observations, interviews, and written sources such as books, articles, and journals. Data collection techniques is observation, interview, and documentation. Futhermore, data analysis techniques is used data reduction, data presentation, and conclusions. The result on this research is how to implement music ensemble with distance learning at SMAK Abdi Siswa Patra Jakarta. There are learning steps with 8 (eight) meetings and there are 60 minutes each meeting. At each meeting there are opening activities, main activities, and closing activities. In meeting 1 to meeting 3, there is material that refers to basic competence 3.1, namely the concept of western music, forms of western music performances, musical elements, chords, and techniques of playing musical instruments. Furthermore, at meeting 4 to meeting 8, there is material that refers to basic competence 4.1, namely practice by playing a musical ensemble with distance learning. In learning music ensembles, teacher showing the sheet music and audio first, divide students into several groups according to the instruments studied, take turns reading the notation on each instrument, and teacher direct students to record at home. Then, students collect their recordings and teacher do the editing process both in audio and video. After the music ensemble video is finished, the teacher displays the video to students and evaluates it with a skills assessment (psychomotor).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lucy Martiati, M.Pd. ; 2). Didin Supriadi, S. Sen., M. Pd.
Subjects: Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 11696 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:12
Last Modified: 07 Sep 2021 03:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item