TESA MALA LUBAY, . (2021) MENINGKATKAN PENGETAHUAN TARI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VIII A SMP MEKAR TANJUNG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (651kB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (364kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (345kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (994kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang telah diteliti mempunyai tujuan untuk meningkatkan Pengetahuan tari dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran secara daring. Usaha untuk meningkatkan Pengetahuan yaitu guru menerapkan model Discovery learning dengan langkah-langkah pembelajaran seperti stimulasi atau memberikan rangsangan seperti materi, identifikasi masalah yaitu siswa diberi tugas secara berkelompok , pengumpualan data yaitu siswa diberikan waktu untuk berdiskusi, pengolahan data maka siswa diminta untuk membuat presentasi menggunakan power point, pembuktian dan dan menarik simpulan yaitu mempresentasikan hasil. Metode Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas atau PTK dengan menggunakan model Kemmis and Mc taggar yang dilakukan selama II siklus di mana 1 siklus membutuhkan 4 kali pertemuan untuk memenuhi langkah- langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan ketika memasuki masa covid-19 sehingga kegiatan pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh atau daring (dalam jaringan) dengan menggunakan aplikasi whatsapp dan google meet serta model Discovery Learning Hasil dari penelitian yang telah selesai dilaksanakan menunjukkan bahwa Discovery Learning sangat cocok untuk diterapkan untuk peningkatan Pengetahuan dalam pembelajaran tari secara daring pada siswa kelas VIII A SMP Mekar Tanjung. Kata kunci : Pengetahuan, Pembelajaran tari, Discovery Learning ********* The research that has been done aim to increase knowledge by using the Discovery Learning Model in online dance learning. Effort to increaseknowledge, namely the teacher applies the Discovery Learning model with learning steps such as stimulation of providing stimuli such as material, problem identification, namely students are given tasks in groups, data collection is that student are give time to discuss, data processing,student are asked to make presentation, using power point, proof and drawing conclusions, namely presentimg the results. The reaserch method used class room action research or CAR using The Kemmis and Mc Taggar model which is carried of during the second cycle where 1 cycle requires 4 meetings to fulfill the spest, namely planning, action, observation, and reflection. The result of the research tha has been completed indicate that Discovery Learning is very suitable to be applied to increase cognitive abilities in online dance learning in class VIII A SMP Mekar Tanjung. Keyword : Cognitive, Dance Learning, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra.Rahmida Setiawati, MM. ; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn., M.Pd. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 11346 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 08:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 08:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19533 |
Actions (login required)
View Item |