PEMBELAJARAN TARI KREATIF UNTUK KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SD

INDRI ANISAH, . (2021) PEMBELAJARAN TARI KREATIF UNTUK KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masa siswa sekolah dasar merupakan masa tahap perkembangan yang penting dalam proses perkembangan menjadi individu, terutama pada fase awal sekolah dasar di kelas rendah. Pada masa ini kepribadian, sikap, dan pola tingkah laku mengalami pembentukan, sehingga menentukan seberapa jauh perkembangan anak akan berhasil dalam penyesuaian diri dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, kecerdasan interpersonal siswa SD memiliki tingkat yang berbeda-beda. Hal ini perlu adanya tindak lanjut dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memperoleh data kecerdasan interpersonal yang dibutuhkan siswa SD, (2) Memperoleh data pembelajaran tari kreatif dapat membentuk kecerdasan interpersonal dan berdasarkan karakteristik siswa SD. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Data penelitian ini diperoleh dari sumber literatur meliputi buku fisik, ebook dan jurnal yang membahas topik pembelajaran tari, pembelajaran tari kreatif, kecerdasan interpersonal, dan karakteristik siswa sekolah dasar. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan mengumpulkan berbagai referensi sesuai topik penelitian, kemudian menganalisisnya dalam bentuk matriks, reduksi data, melakukan cross check, menguji kredibilitas data, hingga menentukan hasil dari penelitian berupa kesimpulan penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu kecerdasan interpersonal dibutuhkan siswa SD dalam mengembangkan kepribadianya terhadap perilaku sosial dilingkungan sekolah maupun masyarakat, dan dapat memudahkan dalam menjalin hubungan pertemanan dengan sebayanya. Pembelajaran tari kreatif sesuai sebagai pendekatan pembelajaran seni budaya seni tari di SD kelas rendah karena berdasarkan tujuan capaian kompetensi pembelajaran dan materi pembelajaran. Pembelajaran tari kreatif merupakan metode yang sesuai dalam membentuk kecerdasan interpersonal siswa SD berdasarkan karakteristik fisik, motorik dan sosial-emosi. Kata kunci : Pembelajaran Tari Kreatif, Kecerdasan Interpersonal, Siswa SD ************* ABSTRACT This research is based on the period of elementary school students is an important developmental stage in the process of development into individuals, especially in the early phases of elementary school in the lower classes. At this time personality, attitudes, and patterns of behavior experience formation, thus determining how far the child's development will succeed in adjusting in community life. In addition, the interpersonal intelligence of elementary students has different levels. There needs to be follow-up in resolving the problem. This research aims to (1) Obtain interpersonal intelligence data needed by elementary students, (2) Obtaining creative dance learning data can form interpersonal intelligence and based on the characteristics of elementary school students. The research method used is qualitative research with a library research approach. The research data was obtained from literary sources including physical books, ebooks and journals that addressed the topics of dance learning, creative dance learning, interpersonal intelligence, and the characteristics of elementary school students. Data collection techniques in this study is to collect various references according to the research topic, then analyze them in the form of a matrix, reduce data, cross check, test the credibility of the data, to determine the results of the research in the form of research conclusions. Conclusion of the results of this study is that interpersonal intelligence is needed by elementary students in developing their personality towards social behavior in school and society, and can facilitate in making friendships with their peers. Creative dance learning is appropriate as an approach to learning the cultural arts of dance arts in low grade elementary schools because it is based on the goal of achieving learning competencies and learning materials. Creative dance learning is an appropriate method of shaping the interpersonal intelligence of elementary students based on physical, motor and social-emotional characteristics. Keywords: Creative Dance Learning, Interpersonal Intelligence, Elementary Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rahmida Setiawati, M.M. ; 2). Ojang Cahyadi, S.Sn,M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 11160 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:01
Last Modified: 07 Sep 2021 09:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19542

Actions (login required)

View Item View Item