BUKU LEMBAR KERJA CERDAS MEMBACA (LEKASBACA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR

EVIA RACHMA SULISTIYANTO, . (2021) BUKU LEMBAR KERJA CERDAS MEMBACA (LEKASBACA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (784kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pendamping Tematik peserta didik, yaitu buku LEKASBACA sebagai media pembelajaran membaca permulaan untuk peserta didik lamban belajar. Responden pada penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik lamban belajar kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D dengan model PPE, yang memiliki tiga tahapan dalam proses pengembangannya, yaitu Perencanaan (Planning), Produksi (Production), dan Evaluasi (Evaluation). Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli lamban belajar dengan rata-rata keseluruhan yang dicapai adalah 87,16% dengan kategori baik serta uji keterbacaan buku yang dilakukan pada tiga orang guru dengan rata-rata keseluruhan yang dicapai adalah 89,25% dengan kategori baik dan dapat digunakan dengan perbaikan seperlunya. Dari hasil pengamatan kepada tiga orang peserta didik lamban belajar meliputi aspek kesesuaian isi, yaitu materi dan gambar ilustrasi dapat dipahami oleh peserta didik lamban belajar; penyajian, yaitu tata letak konten dan tulisan yang mudah dipahami dan dibaca sehingga memudahkan peserta didik lamban belajar mengikuti arahan guru; dan kebahasaan yang mudah dipahami ditandai dengan peserta didik lamban belajar yang dapat menjawab pertanyaan dalam pembelajaran; yang menunjukkan bahwa buku LEKASBACA dapat digunakan peserta didik lamban belajar kelas V SD sebagai media pembelajaran membaca permulaan. The aim of this study was to produce LEKASBACA (Lembar Kerja Cerdas Membaca) Book for student’s Thematic companion book as learning media for reading recognition for slow learner student. The subjects of the research were classroom teachers and fifth grade elementary school of slow learner students. This research used the method of Research and Development (R&D) referring to the PPE model that have three steps; Planning, Production, and Evaluation. Validation was carried out by three experts, namely media experts, material experts and slow learner experts showed an overall average of 87.16% which categorized as a good category; and book readability tests was carried out on three teachers showed an overall average of 89.25% which categorized as a good category it result that can be used with necessary improvements. The results of three slow learner student’s observation includes the suitability of content, includes the material and illustration images can be understood by slow learner students; presentation, includes the layout of content and writing that’s easy to understand and read, making it easier for slow learner students to follow the teacher’s directions; and language, that easy to understand so that slow learner students can answer the questions in learning; which showed that the LEKASBACA book can be used by fifth grade elementary school of slow learner students as a learning media for reading recognition.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11743 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 07:11
Last Modified: 07 Sep 2021 07:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item View Item