EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL PADA MATA KULIAH STATISTIKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

NAUFAL DZAKWAN, . (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL PADA MATA KULIAH STATISTIKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy

Abstract

Naufal Dzakwan, R. Eka Murtinugraha, Riyan Arthur, “Efektivitas Penggunaan E-Modul Pada Mata Kuliah Statistika Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta”. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2021. *ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul pada mata kuliah Statistika di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta yang dilihat melalui hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas mata kuliah Statistika di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta, yang dilaksanakan pada bulan Mei-Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk The Randomized Control Group Design. Sampel pada penelitian ini merupakan sampel terjangkau, yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Statistika pada semester 114 tahun ajar 2020/2021. Pemberian treatment dilakukan pada kelas eksperimen berupa penggunaan bahan ajar e-modul Statistika, sedangkan kelas kontrol tetap menggunakan bahan ajar konvensional berbentuk word atau power point. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes hasil belajar yang akan diberikan pada kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar untuk kelas eksperimen sebesar 68,79 sedangkan untuk kelas kontrol mendapatkan rata-rata skor sebesar 55,47. Pada uji t menggunakan teknik independent sample test, didapat hasil t_{hitung}=4,354, sedangkan dengan signifikansi dan derajat kebebasan yang sama menghasilkan t_{tabel}=1,999. Pada hasil analisis juga menunjukkan tingkat signifikan (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Berdasarkan hasil tersebut berarti H0 ditolak dan H1 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang ditunjukkan melalui rata-rata hasil belajar pada kelas yang diberikan treatment berupa penggunaan e modul Statistika menunjukkan hasil lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan bahan ajar konvensional pada mata kuliah Statistika. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul Statistika dinyatakan efektif memberikan dampak positif terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Naufal Dzakwan, R. Eka Murtinugraha, Riyan Arthur, "Effectiveness of E-Module Use in Statistics Courses in Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University". Thesis. Jakarta: Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, Jakarta State University. 2021. *ABSTRACT* This study aims to determine the effectiveness of the use of e-modules in statistical courses in the Building Engineering Education Program of The State University of Jakarta as seen through the results of study. This research was conducted in a statistical course class in the Building Engineering Education Program of Universitas Negeri Jakarta, which was conducted in May-July 2021. The research method used is Quasi Experimental with the form of The Randomized Control Group Design. The sample in this study is an affordable sample, namely students who took statistics courses in the 114th semester of the 2020/2021 school year. Treatment is done in the experimental class in the form of the use of teaching materials e-statistical module, while the control class still uses conventional teaching materials in the form of word or power point. Data collection is done using the learning result test instrument that will be given in both classes. The results showed that the average score of study results for the experimental class was 68.79 while for the control class got an average score of 55.47. In the t test using independent sample test technique, obtained the result of t_{calculate}=4,354, while with the same significance and degree of freedom resulted in t_{table}=1,999. The analysis also showed a significant level (2-tailed) of 0,000<0,05. Based on these results means H0 rejected and H1 which means there is a difference in the average learning outcomes shown through the average learning outcomes in the class given treatment in the form of the use of e statistical modules showed higher results than the average results of learning classes using conventional teaching materials in statistical courses. So it can be concluded that the use of e-module statistics is declared effective to have a positive impact on the learning outcomes of students of the Building Engineering Education Program of The State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) R. Eka Murtinugraha, M.Pd.; 2) Dr. Riyan Arthur, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Statistik
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12475 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:58
Last Modified: 07 Sep 2021 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19597

Actions (login required)

View Item View Item