PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 7 JAKARTA

ANISATUL HAMIDAH, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 7 Jakarta dan untuk mengetahui besar pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 7 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Jakarta, semester genap tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling untuk menentukan kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament) dan kelas kontrol (model pembelajaran konvensional). Kedua kelas yang telah dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang relatif homogen (sama), dan memiliki rata-rata kemampuan awal yang relatif sama. Setelah diberikan perlakuan, kedua kelas tersebut diberikan tes kemampuan penalaran matematis berupa 5 butir soal uraian pada pokok bahasan perbandingan. Sebelum tes diberikan, instrumen penelitian tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan uji prasyarat analisis data, kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang tidak homogen, sehingga uji hipotesis yang dilakukan adalah uji-t^' pada taraf signifikansi α=0,05. Berdasarkan perthitungan uji-t^', diperoleh t_hitung=3,041 lebih tinggi dari nilai kritis =1,686, maka H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran jarak jauh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 7 Jakarta. Berdasarkan perhitungan Cohen’s Effect Size (ES), diperoleh ES=0,684 dengan percent of Non Overlap sebesar 38,2% yang dikategorikan medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Tri Murdiyanto, M.Si. ; 2). Dr. Lukman El Hakim, M.Pd.;
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 11691 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:23
Last Modified: 08 Sep 2021 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19604

Actions (login required)

View Item View Item