KETERAMPILAN SENI TEATER DALAM PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN (STUDI DESKRIPTIF DI TEATER 7)

RESKA YUSTIKA DWIANUR RAHAYU, . (2021) KETERAMPILAN SENI TEATER DALAM PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN (STUDI DESKRIPTIF DI TEATER 7). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam tentang bentuk aktivitas pemain di Teater 7 dalam mempelajari perkembangan bahasa pada keterampilan teater. Teater 7 adalah teater yang menyajikan seni pertunjukan yang mewadahi anak-anak dengan gangguan pendengaran. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 5 orang yaitu 2 pemain, 2 pelatih, dan pendiri di Teater 7. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak dengan gangguan pendengaran memiliki alasan tersendiri untuk menjadi anggota di Teater 7 yaitu mengembangkan minat dan bakat dalam bermain peran dan meningkatkan perkembangan bahasa, selain itu terlihat adanya bentuk aktivitas dalam mempelajari keterampilan teater yaitu secara klasikal (berkelompok) dengan aktivitas untuk mengembangkan bahasa, minat dan bakat, serta melatih emosi, dan komunikasi antara pemain dengan pelatih menggunakan bahasa isyarat, sehingga terdapat faktor yang mempengaruhi anak dengan gangguan pendengaran dalam mempelajari keterampilan teater. This study aims to obtain in-depth information about the activities of players in Theater 7 to studying language development in theater skills. Theater 7 is a theater that presents performing arts that accommodate children with hearing disability. The data sources in this study consisted of 5 people, namely 2 players, 2 coaches, and the founder of Theater 7. This study used a qualitative approach and a descriptive method. There are two techniques used in collecting data in this research, they are interviews and documentation studies. The results of this study indicate that children with hearing disability have their own reasons for becoming members of Theater 7, namely developing interests and talents in role playing and improving language development, besides that there is a form of activity in learning theater skills, namely classically (in groups) with activities to develop language, interests and talents, as well as train emotions, and communication between players and coaches using sign language (BISINDO), so that there are factors that influence children with hearing loss in learning theater skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mohammad Arif Taboer, M.Pd. 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Kesenian > Seni (umum)
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11671 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:01
Last Modified: 09 Sep 2021 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19646

Actions (login required)

View Item View Item