PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 08 PLUS MALAKA JAYA DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

RINI KURNIA, . (2021) PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 08 PLUS MALAKA JAYA DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 08 plus yang bertujuan untuk mengetahui bentuk pembinaan karakter Jujur Unggul Amanah Religius Aktif “JUARA” pada peserta didik, peran kepala sekolah dan peran guru dalam pembinaan Karakter “JUARA” pada peserta didik di SD Muhammadiyah 08 Plus. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020 hingga Juni 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Bentuk Pembinaan Karakter Jujur Unggul Amanah Religius Aktif “JUARA” pada Peserta Didik di SD Muhammadiyah 08 Plus ini dilakukan dengan melalui bentuk kegiatan pembiasaan, keteladanan dan ketertiban. Tujuan utama dari pembinaan karakter “JUARA” menghasilkan peserta didik yang memiliki karakter Jujur Unggul Amanah Religius dan Aktif “JUARA”. Prinsip Pembinaan Karakter Jujur Unggul Amanah Religius Aktif “JUARA” pada Peserta Didik di SD Muhammadiyah 08 Plus ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan melalui bentuk pembiasaan-pembiasaan, program-program sekolah, kegiatan sekolah yang beraneka ragam dengan melalui perencanaan, pengawasan dan evaluasi. (2) Kepala sekolah memiliki peran sebagai perencana, pengawas dan evaluator kegiatan serta program pembinaan karakter “JUARA” yaitu dengan memobilisasi sumber daya sekolah memaksimalkan peran masing-masing dari anggota sekolah, pengembangan kurikulum, pembelajaran, pengelolaan ketenagaan sesuai dengan syarat dan ketentuan muhammadiyah, sarana dan prasarana dalam menunjang pembelajaran offline maupun online, pengelolaan dan keterbukaan keuangan dengan pihak orang tua murid, pelayanan peserta didik, hubungan sekolah dan masyarakat dan penciptaan iklim sekolah yang baik. (3) Dalam pembinaan karakter “JUARA” pada Peserta Didik, guru memiliki peran dengan memaksimalkan dirinya terlebih dahulu untuk memiliki dan menerapkan karakter “JUARA” baru mulai melakukan pembinaan kepada peserta didik. Peran guru dalam pembinaan karakter “JUARA” mulai dari pengembangan kurikulum, penggunaan metode pembelajaran yang beragam, media pembelajaran, evaluasi dan koordinasi dengan pihak orang tua peserta didik dan melakukan pembaharuan dan inovasi dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran. This research was carried out at SD Muhammadiyah 08 plus which aims to determine the form of character building Honesty, Amanah, Religious Active "JUARA" for students, the role of school principals and the role of teachers in fostering the character of "JUARA" for students at SD Muhammadiyah 08 Plus. This research was conducted from November 2020 to June 2021. This study used a qualitative approach and a descriptive method. Data collection is done through observation, interviews and documentation studies. The results of this study indicate that: (1) The form of character development, honest, superior, active religious trust, "JUARA" for students at SD Muhammadiyah 08 Plus, is carried out through habituation, exemplary and form activities. The main goal of "JUARA" character development is to produce students who have the character of being Honest, Superior, Faithful, Religious and Active, "JUARA". The principle of fostering the character of being honest, superior, trustworthy, active, religious, "JUARA" for students at SD Muhammadiyah 08 Plus is carried out regularly and continuously through habituation, school programs, and various school activities through planning, monitoring and evaluation. (2) The principal has a role as a planner, supervisor and evaluator of activities as well as the “JUARA” character building program, namely by mobilizing school resources to maximize the respective roles of school members, curriculum development, learning, workforce management in accordance with the terms and conditions of Muhammadiyah. Facilities and infrastructure to support offline and online learning, managing and managing finances with parents, student services, school and community relations and creating a good school atmosphere. (3) In fostering the "JUARA" character for students, the teacher has a role by maximizing himself first to have and apply the "JUARA" character before starting to provide guidance to students. The teacher's role in fostering the "JUARA" character starts from curriculum development, the use of various learning methods, learning media, evaluation and coordination with the parents of students and innovating and innovating in learning and outside learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Rochanah, MM. ; 2). Dr. Siti Zulaikha S.Ag, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 12685 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:06
Last Modified: 09 Sep 2021 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

View Item View Item