MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 4 KOTA TANGERANG SELATAN

AULIA RIZQIALILLAH, . (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 4 KOTA TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang Selatan. Dengan sub fokus pada penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada masa pandemi COVID�19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi/pengamatan, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kota Tangerang Selatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi aktivitas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan mengikuti kebijakan dari surat edaran Kemendikbud mengenai pelaksanaan pembelajaran dari rumah, yang kemudian ditindak lanjuti oleh manajemen sekolah dengan mengadakan rapat melalui online, mempersiapkan perangkat pembelajaran yang telah disesuaikan, dan melakukan sosialisasi kepada peserta didik maupun orang tua/ wali murid. 2) Pengorganisasian pembelajaran dilakukan berdasarkan surat tugas dan SK dari kepala sekolah yang berisi mengenai pendelegasian tugas dan fungsi masing-masing personil sekolah. 3) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan mengikuti RPP yang telah disusun dan disesuaikan dengan kondisi pandemi yang berlangsung secara online. 4) Evaluasi pembelajaran dilakukan secara online dengan penilaian tes dan non tes melalui aplikasi Zoom Meeting, Google Classroom, Quizizz, Google Form. 5) Tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan berupa kegiatan remedial/pengayaan serta melaporkan hasil belajar setiap peserta didik secara online. This study aims to determine the management of Islamic religious education learning during the COVID-19 pandemic at SMA Negeri 4 Tangerang Selatan City. With the sub focus of this research is planning, organizing, implementing, evaluating, and following up on the results of the evaluation of Islamic religious learning during the COVID-19 pandemic. This study uses a qualitative approach with descriptive methods, the data collection techniques used are interviews, observations, and documentation studies. This research was conducted at SMA Negeri 4 Tangerang Selatan City. Data analysis techniques used include data reduction activities, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are: 1) Learning planning is carried out by following the policies of the circular letter of the Ministry of Education and Culture regarding the implementation of learning from home, which is then followed up by school management by holding online meetings, preparing learning tools that have been adjusted, and socialization to students and parents /student Guardian. 2) The organization of learning is carried out based on a letter of assignment and a decree from the principal which contains the delegation of duties and functions of each school personnel. 3) The implementation of learning is carried out following the RPP that has been prepared and adapted to the online pandemic conditions. 4) Learning evaluation is carried out online with test and non-test assessments through the Zoom Meeting, Google Classroom, Quizizz, Google Form applications. 5) Follow-up on the results of the learning evaluation carried out in the form of remedial/enrichment activities and reporting the learning outcomes of each student online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Supadi, M.Pd ; 2). Dr. Suryadi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 12679 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:41
Last Modified: 07 Sep 2021 09:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item View Item