HUBUNGAN KECERDASAN ADVERSITI DAN MANAJEMEN DIRI TERHADAP INTENSI PERENCANAAN KARIR MAHASISWA TAHUN TERAKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKANTARIUNIVERSITASNEGERIJAKARTA

NABILA ALYA SHAFIRA, . (2021) HUBUNGAN KECERDASAN ADVERSITI DAN MANAJEMEN DIRI TERHADAP INTENSI PERENCANAAN KARIR MAHASISWA TAHUN TERAKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKANTARIUNIVERSITASNEGERIJAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (415kB)
[img] Text
8. Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena keresahan pada kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan karirnya. Hal tersebut tampak dalam berbagai masalah, baik yang berkaitan dengan pemilihan jenis studi lanjutan, pemilihan rencana pekerjaan, maupun yang berkaitan dengan ketidaksiapan para lulusan perguruan tinggi dalam memasuki pendidikan lanjutan atau dunia kerja. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling, dengan jumlah sampel penelitian 55 mahasiswa yang sudah memenuhi kriteria sampling. Teknik pengambilan data instrumen penelitian menggunakan angket kuesioner yang dibuat melalui Google formulir untuk memperoleh informasi data penelitian. Analisis dasa yang digunakan untuk menguji keterkaitan antar variabel adalah analisis uji korelasi berganda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan 1) adanya hubungan korelasi yang positif dan searah dengan nilai korelasi sebesar 0,469 termasuk kategori sedang atau cukup kuat dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05. 2) adanya hasil antar variabel kecerdasan adversiti tidak berpengaruh terhadap intensi perencanaan karir, tetapi memiliki hubungan yang searah dan positif dengan nilai Sig. 0,320 > 0,05. 3) adanya hasil variabel manajemen diri berpengaruh terhadap intensi perencanaan karir dan memiliki hubungan yang searah dan positif dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05. 4) adanya hasil korelasi antar variabel kecerdasan adversiti dan manajemen diri secara simultan terhadap intensi perencanaan karir dengan nilai Sig. 0,002 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan adversiti dan manajemen diri secara simultan terhadap intensi perencanaan karir mahasiswa pendidikan tari ini memiliki hubungan yang cukup kuat. Adanya penelitian ini dapat membantu menjawab permasalahan mengenai kemampuan mahasiswa dalam memempersiapkan karirnya akan semakin tinggi dengan meningkatkan kesiapan dan kemampuan terutama kemampuan kecerdasan adversiti dan manajemn diri. This research is motivated by anxiety showing that students' ability to prepare for their careers is still low, this can be seen in various problems, both related to choosing the type of further study, choosing a work plan, as well as relating to the unpreparedness of college graduates in entering further education or education. working world. The sampling technique used is purposive sampling, with a total sample of 55 students who have met the sampling criteria. The research instrument data collection technique used a questionnaire questionnaire created through Google forms to obtain research data information. The basic analysis used to test the relationship between variables is multiple correlation test analysis. The results obtained from this study indicate 1) there is a positive and unidirectional correlation with the correlation value of 0.469 including the moderate category or strong enough with the Sig value. 0.002 < 0.05. 2) the results between adversity intelligence variables have no effect on career planning intentions, but have a unidirectional and positive relationship with the value of Sig. 0.320 > 0.05. 3) the results of self-management variables affect career planning intentions and have a direct and positive relationship with the value of Sig. 0.001 < 0.05. 4) there is a correlation between the variables of adversity intelligence and self-management simultaneously on career planning intentions with the value of Sig. 0.002 < 0.05. Thus, it can be concluded that adversity intelligence and self-management simultaneously have a strong relationship with the career planning intentions of dance education students. The existence of this research can help answer problems regarding the ability of students in preparing their careers to be higher by increasing readiness and abilities, especially the ability of advertising intelligence and self- management.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Dinny Devi Triana, M.Pd ; 2). Dra. Rahmida Setiawati, MM
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 11182 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 05:08
Last Modified: 22 Aug 2022 05:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19697

Actions (login required)

View Item View Item