PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK YAPPA DEPOK

IRNI PUSPITASARI, . (2021) PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK YAPPA DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Sikap, Norma Subjektif dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha. Penelitian ini dilakukan selama 9 bulan terhitung dari bulan April 2020 sampai dengan Januari 2021. Penelitian ini menggunakan metode survei. Dalam penelitian ini populasi yang terjangkau berjumlah 193 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa. Jumlah sampel tersebut berdasarkan tabel Issac dan Michael dan dengan teknik proposional random sampling dalam pengambilan sampelnya. Variabel Intensi Berwirausaha (Y), Sikap (X1), Norma Subjektif (X2), dan Pendidikan Kewirausahaan (X3) merupakan data primer yang diperoleh dari hasil peyebaran kuisioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas 0,200. Hasil uji linearitas nilai Deviation of Linearity Sikap 0,855, Norma Subjektif 0,744, dan Pendidikan Kewirausahaan 0,505. Kedua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji Multikolinearitas variabel Sikap 0,385 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 2,600 < 10, Norma Subjektif 0,358 > 0,1 dan nilai VIF 2,794 < 10, dan Pendidikan Kewirausahaan 0,366 > 0,1 dan nilai VIF 2,736 < 10. Hasil uji heteroskedastisitas untuk variabel Sikap 0,631 > 0,05, Norma Subjektif 0,530 > 0,05, dan Pendidikan Kewirausahaan 0,337 > 0,05. Ketiga uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Ŷ = 2,950 + 0,245 X1 + 0,214 X2 + 0,627 X3. Keempat uji hipotesis yang terdisi dari uji F dan uji t. hasil uji F dalam tabel ANOVA yaitu F-hitung > F-tabel dengan nilai 180,152 > 2,68. Hal tersebut bermakna bahwa Sikap, Norma Subjektif, dan Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh secara simultan terhadap Intensi Berwirausaha, sehingga hipotesis diterima. Hasil uji t untuk Sikap Berwirausaha t-hitung 2,994 > t-tabel 1,980, Norma Subjektif t-hitung 3,398 > t-tabel 1,980, dan Pendidikan Kewirausahaan t-hitung 8,873 > t-tabel 1,980. Hal tersebut bermakna Sikap memiliki pengaruh positif terhadap Intensi Berwirausaha, Norma Subjekti memiliki pengaruh positif terhadap Intensi Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan memiliki pengaruh positif terhadap Intensi Berwirausaha. kelima analisis koefisien determinasi (R2) dengan perolehan skor sebesar 0,820, yang berarti 82% variabilitas variabel Intensi Berwirausaha dapat dijelaskan oleh Sikap, Norma Subjektif, dan Pendidikan Kewirausahaan. Sedangkan 12% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Intensi Berwirausaha, Sikap, Norma Subjektif, Pendidikan Kewirausahaan This study aims to determine whether there is an influence between Attitudes, Subjective Norms and Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intentions. This research was conducted for 9 months staring from April 2020 to January 2021. This study used a survey methid. In this study, the affordable population was 193 students with a sample of 123 students. The number of samples is based on the table of Issac and Michael and the proportional ran dom sampling technique in taking the sample. The Entrepreneurial Intention (Y), Attitude (X1), Subjective Norms (X2), and Entrepreneurship Education (X3) variables are primary data obtained from the results of distributing research questionnaires. The data analysis technique used, first the requirements analysis test consisting of normality test and a linearity test. The result of the normality test is 0,200. The results of the linearity test, the value of Deviation of Linearity for Attitude 0,855, for Subjective Norms 0,744, and for Entrepreneurial Education 0,505. The two classical assumption tests consist of the multicolinearity test and heteroscedasticity test. Multicolinearty test results for the Attitude variabel 0,385 > 0,1 and the VIF 2,600 < 10, Subjective Norm 0,358 ? 0,1 and the VIF 2,794 < 10, and Entrepreneurship Education 0,366 > 0,1 and the VIF 2,736 < 10. Test results heretoscedasticity for the Entrepreneurial Attitude variable 0,631 > 0,05, the Subjective Norms 0,530 > 0,05, and Entrepreneurship Education 0,337 > 0,05. The three multiple linear regression test with the result of the equation Ŷ = 2,950 + 0,245 X1 + 0,214 X2 + 0,627 X3. The four hypothesis tests consist of the F test and t test. The results of the F test in the ANOVA table are F-count > F0table with value of 180,152 > 2,68. This means that the Attitude, Subjective Norms, and Entrepreneurship Education simultaneously influence Entrepreneurial Intentions, so that the hypothesis is accepted. The t-test results for Entrepreneurial Attitudes t-count 2,994 > t-table 1,980, Subjective Norm t-count 3,398 > t-table 1.980, and Entrepreneurship Education t-count 8,873 > t-table 1,980. This means that Attitudes have a positive influence on Entrepreneurial Intentions, Subjectives Norms have a positive influence on Entrepreneurial Intention, Entrepreneurial Education has a positive influence on Entrepreneurial Intentions. The fifth analysis is the coefficient of determination (R2) with scrore of 0,820, which means that 85% of the variability of the Entrepreneurial Intention variable can be explained by Entrepreneurial Attitudes, Subjective Norms, and Entrepreneurship Education. While the remaining 12% is influenced by othe variabels which are not researched. Keywords: Entrepreneurial Intention, Attitude, Subjective Norms, Entrepreneurship Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Prof. Dr. Henry Eryanto, MM ; 2.) Munawaroh, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 12240 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2021 09:22
Last Modified: 16 Sep 2021 09:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19717

Actions (login required)

View Item View Item