RATU AZIJAH MUZAFFAROH, . (2021) PELAKSANAAN PROGRAM LAYANAN PENDIDIKAN, LAYANAN PERLINDUNGAN, LAYANAN KESEHATAN, GIZI, DAN PERAWATAN DI POS PAUD (Penelitian Survei dengan Pendekatan Deskriptif Kuantitatif di Kecamatan Ciomas, Bogor Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (811kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang dilakukan untuk individu pada rentang usia 0-6 tahun guna membantu tumbuh dan kembang agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki jenjang pendidikan lebih lanjut. Untuk mendukung penyelenggaraan PAUD yang berkualitas tersebut, salah satu program pemerintah yang dilakukan adalah PAUD Holistik Integratif. Huruf P dari PAUD Holistik Integratif bukanlah Pendidikan melainkan Pengembangan anak usia dini. Pengembangan anak usia dini holistik integratif adalah upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara terintegrasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengungkap bagaimana pelaksanaan, pemahaman, dan pentingnya program layanan pendidikan, layanan perlindungan, layanan kesehatan, gizi, dan perawatan di pos PAUD Holistik Integratif Kecamatan Ciomas, Bogor Barat. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling dengan jumlah keseluruhan populasi 18 PAUD. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang disebarkan melalui WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total 18 sekolah dengan persentase 100% berada pada kategori baik. Oleh sebab itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu tenaga kependidikan dalam mengembangkan program agar tercapainya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Early Childhood Education or Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) is an education carried out for individuals in the age range of 0-6 years to help the children grow and develop so they have the readiness to enter next education levels. The government held a program to support the implementation of good quality PAUD, namely the Integratif Holistik PAUD. The 'P' letter of Integratif Holistik PAUD does not stand for 'Education' but for Early Childhood 'Development'. Integratif holistik early childhood development is an effort made to meet the diverse and interrelated essential needs of children in an integrated manner. This study aimed to reveal the implementation, understanding, and importance of education service programs, protection services, health services, nutrition, and treatment at the Integratif Holistik PAUD post, Ciomas sub-district, West Bogor. The sampling method used a total sampling technique with a total population of 18 PAUD. The method used a descriptive quantitative method. The data collection was carried out by using a questionnaire that was distributed through WhatsApp application. The research result show that the total of 18 PAUD with persentase 100% are in a good category. Therefore, the result of this study is expected to be used to assist the educational staff in developing programs to achieve healthy, intelligent, cheerful, and noble Indonesian children.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nurjannah, SP., M.Pd. ; 2). Eriva Syamsiatin, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 12654 not found. |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 10:12 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 10:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19726 |
Actions (login required)
View Item |