PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X SMAN 12 TANGERANG

RENNY ROCHIMAWATI BUSYAERI, . (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK SISWA KELAS X SMAN 12 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan menghasilkan E-modul mata pelajaran ekonomi untuk siswa kelas X SMAN 12 TANGERANG. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D yang dikemukkan oleh Thiagrajan. Model ini memiliki empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Evaluasi pada penelitian dilakukan oleh pada ahli (Expert Appraisal) dan siswa kelas X SMAN 12 Tangerang. Pada tahap (expert Appraisal) oleh ahli media diperoleh sebesar 3,42 di kategorikan baik dan oleh ahli materi sebesar 3,90 di katergorikan baik. Hasil uji coba one to one memperoleh sebesar 4,63 dengan kategori sangat baik, kemudian hasil uji coba small group sebesar 4,43 dikategorikan sangat baik. Berdasarkan penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa E Modul Ekonomi berbasis smartphone dapat dinyatakan efektif untuk digunakan oleh siswa kelas XI SMAN 12 Tangerang. Implementasi E Modul Ekonomi untuk memfasilitasi pembelajaran dalam menerapkan bahan ajar dan menyampaikan metode pembelajaran. Selain itu, E Modul Ekonomi sudah dimanfaatkan sebagai sumber teknologi yang tepat untuk siswa belajar. The research method used is research and development with a 4D development model proposed by Thiagrajan. This model has four stages, namely define, design, develop, and disseminate. The evaluation of the research was carried out by experts (Expert Appraisal) and class X students of SMAN 12 Tangerang. At the stage (expert appraisal) by media experts obtained 3.42 categorized as good and 3.90 by material experts in good category. The results of the one to one trial were 4.63 in the very good category, then the small group test results of 4.43 were categorized as very good. Based on this development research, it shows that the Smartphone-based Economic Module E can be declared effective for use by class XI students of SMAN 12 Tangerang. Implementation of E Module Economics to facilitate learning in applying teaching materials and delivering learning methods. In addition, the E Economics Module has been used as a source of appropriate technology for students to study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Retno Widyanigrum, S.Kom.M.M. ; 2). Dra. Suprayekti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 12310 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:29
Last Modified: 09 Sep 2021 06:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19756

Actions (login required)

View Item View Item