EFIKASI DIRI DALAM PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN

RIZKY PRATIWI, . (2021) EFIKASI DIRI DALAM PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi yang lebih mendalam terkait efikasi diri dalam perencanaan karir peserta didik dengan hambatan penglihatan di SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peserta didik dengan perencanaan menjadi guru dan pemain teater memiliki efikasi diri dalam perencanaan karir cukup tinggi. Aspek yang mempengaruhinya yaitu peserta didik mampu menyelesaikan tugas sulit membuat masker, mencari informasi dan menetapkan tujuan untuk melanjutkan pendidikan, mengikuti bimbingan karir, mempelajari pengalaman social modeling, sering memperoleh pengalaman keberhasilan, dan penguatan tetang kemampuan. Selain itu peserta didik menjadikan keterampilan vokasional sebagai dasar atau bekal life skil dalam merencanakan karir. Sedangkan peserta didik yang ingin menjadi barista memiliki efikasi diri dalam perencanaan karir rendah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan perencanaan karir saling berkaitan dan saling mempengaruhi peserta didik untuk dapat merencanakan karir secara optimal. This research aims to find out more in-depth infromation related to Self-Efficacy in the career planning of students with visual impairment in SLB A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. The research uses a qualitative descriptive method with data collection through observation, interview, and documentation. The research shows the result that students with planning to become teachers and theater performers had high self-efficacy in the career planning. Aspects that influence it are that students are able to complete the difficult task of making masks, seek information and set goals for continuing education, follow career guidance, learn social modeling experiences, often gain success experiences, and strengthen abilities. In addition, students make vocational skills as the basis or provision of life skills in planning a career. Meanwhile, students who want to become baristas have low of self-efficacy in the career planning. From this research, it can be concluded that self-efficacy and career planning are interrelated and influence each other for students to be able to plan their career optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd. ; 2). Dr. Lalan Erlani, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11973 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 06:48
Last Modified: 09 Sep 2021 06:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19770

Actions (login required)

View Item View Item