PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN JENGA MODIFIKASI UNTUK MATERI IPA MACAM-MACAM GAYA DAN PEMANFAATANNYA KELAS IV SD

NIKE TRI ASTUTI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN JENGA MODIFIKASI UNTUK MATERI IPA MACAM-MACAM GAYA DAN PEMANFAATANNYA KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media permainan Jenga Edukasi untuk materi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Macam-macam Gaya dan Pemanfaatannya di kelas IV SD. Media permainan Jenga Edukasi ini mengacu pada Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk divalidasi keefektifannya oleh ahli bahasa, ahli materi, ahli media, dan guru kelas IV SD. Hasil dari validasi tersebut, media permainan Jenga Edukasi memperoleh penilaian akhir 97,3%. Media diuji coba hanya sampai tahap one to one dikarenakan pandemi covid-19 yang melibatkan lima siswa kelas IV. Hasil dari uji coba tersebut memperoleh 94%. Berdasarkan pengujian keefektifan produk yang telah dilaksanakan, media permainan Jenga Edukasi dinyatakan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran IPA materi Macam-macam Gaya dan pemanfaatannya di kelas IV SD. Media inovatif dan kreatif yang dikembangkan oleh peneliti menjadikan siswa semangat dan termotivasi pada saat penemuan konsep melalui aktivitas proses serta dapat digunakan guru sebagai media penunjang pembelajaran yang lebih optimal, sehingga pengaruh terhadap hasil belajar yang digapai akan lebih memuaskan. Research was aims to produce a product of the Jenga game of media education for Science material for the various force and utilization at IV grade. This educational media game refers to the 7th theme "the beauty of diversity in my country" curriculum 2013. The study employs the method of research and development (R&D) with ADDIE development models. Products are validated with their effectiveness by linguists, materials experts, media experts, and IV grade teachers. The result of the validation is that the media education jenga has a final rating of 97.3%. The media tested only until stage one to one because of the covid-19 pandemic, which involved five grade iv students. the results of the trial obtained 94%. Based on testing effectiveness of the product, the Jenga game of media education is declared very worthy to be used for Science material for the various force and utilization at IV grade. The innovative and creative media developed by researchers makes students enthusiastic and motivated at the time of conceptual discovery through process activity and can be used by teachers as more optimal teaching learning support media, so that the impact of learning it can accomplish will be more gratify

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Pd. ; 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11946 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:07
Last Modified: 09 Sep 2021 07:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item