PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 52 JAKARTA

NINDA AYU NARASSATI, . (2021) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS X DPIB DI SMK NEGERI 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Mekanika Teknik dalam pembelajaran jarak jauh pada kelas X DPIB di SMK Negeri 52 Jakarta.. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis, Perancangan, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Teknik analisis kualitatif divalidasi menggunakan validitas isi Aiken’s V dan teknik analisis kuantitatif menggunakan Teori Tes Klasik dengan menguji validitas, reliabilitas, dan kualitas butir soal yang termasuk didalamnya uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, dan analisa pengecoh. Kemudian butir dikonfirmasi menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan alat evaluasi Mekanika Teknik mendapatkan kelayakan ahli materi sebesar 85,88% dengan kategori sangat layak, ahli instrumen sebesar 80,62% dengan kategori layak, dan ahli bahasa sebesar 85,14% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis Teori Tes Klasik menunjukkan 17 butir valid, reliabilitas instrumen sebesar 0,871 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji tingkat kesukaran menunjukkan 19 butir kategori sedang dan 1 butir kategori sukar. Hasil uji daya pembeda menunjukkan 14 butir baik dalam membedakan kemampuan siswa serta memiliki indeks pengecoh yang berfungsi dengan baik. Sementara analisis menggunakan CFA menyatakan alat evaluasi terkonfirmasi memiliki 16 butir signifikan dan 4 butir lainnya tidak signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi Mekanika Teknik menggunakan aplikasi Quizizz efektif dan efisien digunakan untuk menunjang proses evaluasi pembelajaran. Kata Kunci: Alat Evaluasi, Quizizz, Mekanika Teknik *ABSTRACT* This research is a research and development that aims to develop evaluation tools using quizizz application in Mekanika Teknik subjects in distance learning in classX DPIB at SMK Negeri 52 Jakarta. . The research method used is Research and Development (R&D). This research is conducted with the ADDIE research model consisting of stages of Analysis, Design, Development, Application, and Evaluation. Qualitative analysis techniques are validated using the validity of Aiken's V contents and quantitative analysis techniques using Classical Test Theory by testing the validity, reliability, and quality of items that include difficulty level tests, differentiating power tests, and tricker analysis. The item was confirmed using Confirmatory Factor Analysis (CFA). The results showed that the development of Engineering Mechanics evaluation tools gained material expert eligibility by 85.88% with a very decent category, instrument experts by 80.62% with decent categories, and linguists by 85.14% with very decent categories. The results of the Analysis of Classical Test Theory showed 17 valid items, the reliability of the instrument amounted to 0.871 with a very high category. The results of the difficulty level test showed 19 medium category items and 1 difficult category item. The results of the differentiating power test showed 14 items both in distinguishing students' abilities and having a well-functioning cheater index. While the analysis using CFA stated the confirmed evaluation tool has 16 significant items and 4 other items are not significant. So it can be concluded that the Engineering Mechanics evaluation tool using the Quizizz application is effectively and efficiently used to support the learning evaluation process. Keywords: Evaluation Tools, Quizizz, Mechanical Engineering

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd., 2) Dr. Riyan Arthur, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 12741 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:42
Last Modified: 09 Sep 2021 02:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19791

Actions (login required)

View Item View Item