ALMUBTADA WALKHOBAR JENIS DAN KEDUDUKANNYA PADA HIKAYAT KALILAH WA DIMNAH DAN IMPLIKASI NYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU (PENELITIAN DESKRIPTIF ANALITIS)

MAISAROH, . (2021) ALMUBTADA WALKHOBAR JENIS DAN KEDUDUKANNYA PADA HIKAYAT KALILAH WA DIMNAH DAN IMPLIKASI NYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU (PENELITIAN DESKRIPTIF ANALITIS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB 2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (955kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapat deskripsi yang jelas mengenai jenis-jenis Almubtada Walkhobar dan Kedudukannya Pada Cerita Kalilah Wa Dimnah agar hasilnya dapat diimplikasikan dalam pembelajaran ilmu nahwu bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi pustaka yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis jenis-jenis Almubtada walkhobar dalam ilmu nahwu pada cerita Kalilah wa Dimnah. Penelitian ini adalah dengan menggunakan insrumen penelitian yaitu peneliti sendiri tentang metode teori yang berhubungan dengan judul penelitian dan menggunakan tabel khusus untuk memperinci data hasil penelitian. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diketahui bahwa hasil penelitian mengenai jenis- Almubtada walkhobar dan kedudukannya pada cerita Kalilah wa Dimnah adalah sebagai berikut : terdapat 40 temuan Almubtada walkhobar dalam 13 judul cerita Kalilah wa Dimnah yaitu pada judul cerita Annasik wa ibni ‘irsi wa alhayyah terdapat masing-masing 3 Almubtada walkhobar, pada cerita Annasik wassamin wal’asala terdapat masing-masing 2 Almubtada walkhobar, pada cerita sulhufah wa albathotaani terdapat masing-masing 1 Almubtada walkhobar, pada cerita allis wa shu’aa’unnur terdapat masing-masing 8 Almubtada walkhobar, pada cerita alqirdun walgilam I terdapat masing-masing 3 Almubtada walkhobar, pada cerita alqirdun walgilam II terdapat masing-masing 3 subjek dan predikat, pada cerita Al-gurobu walhayyah terdapat masing-masing 5 Almubtada walkhobar. pada cerita thoirul bahri wassarothoni terdapat masing-masing 8 Almubtada walkhobar, pada cerita al-qirdu wannajaaru terdapat masing-masing 1 Almubtada walkhobar, pada cerita arrojul alladzi qotalahu al-ha’it terdapat masing-masing 1 Almubtada walkhobar, pada cerita allis almutarodad terdapat masing-masing 1 Almubtada walkhobar, pada attajiru wasso’igu terdapat masing-masing 1 Almubtada walkhobar, pada cerita al-asadu wal’arubu terdapat masing-masing 3 Almubtada walkhobar Dan dalam 13 judul cerita yang ada pada cerita Kalilah wa Dimnah terdapat jenis-jenis Almubtada yaitu terdapat 22 isim dzohir (55%) dan terdapat 18 isim mudmar (45%) dan tidak terdapat jenis Masdar muawwal. Dan dalam 13 judul cerita yang ada pada cerita Kalilah wa Dimnah terdapat jenis-jenis walkhobar yaitu terdapat 24 khobar mufrod (60%) dan terdapat 9 khobar jumlah (22.5%), dan terdapat 7 khobar sibhul jumlah (17.5%) Adapun implikasinya dalam pembelajaran ilmu nahwu terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta adalah hendaknya seorang dosen menggunakan materi pengajaran yang terdiri dari jenis-jenis Almubtada walkhobar dan kedudukannya pada cerita Kalilah wa Dimnah atau cerita-cerita menarik lainnya secara khusus.  ************ ABSTRACT This study aimed to get a clear description of the kinds of Almubtada’ Walkhobar and their Grammatical in Stories Kalilah Wa Dimnah so that results could be implicated in leaming Nahwu Science for students of Arabic Language Education Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta This study is an aralysis of literature research using descriptive method qualitative analysis of the kinds of Almubtada’ Walkhobar and their Grammatical in Stories Kalilah Wa Dimnah. This study is to use the research tools that the researcher's own methods of theory related to the title of the research and use a special table to itemize research data. Based on data analysis conducted by the researches can conclude that kinds of Almubtada’ Walkhobar in the stories of Kalilah Wa Dimnah on 6 titles are : there are 20 findings of subjects and predicates in 6 story titles Kalilah wa Dimnah there are on title Annasik wa ibni ‘irsi wa alhayyah there are 3 subjects and predicates, on title Annasik wassamin wal’asala there are 2 subjects and predicates, on title sulhufah wa albathotaani there are 1 subject and predicate, on title allis wa shu’aa’unnur there are 8 subjects and predicates, on title alqirdun walgiilam I there are 3 subjects and predicates, alqirdun walgiilam II there are 3 subjects and predicates. And in the 13 titles of the stories Kalilah wa Dimnah there are types of subjects, there are 22 isim dzohir (55%) and 10 isim mudmar (45%) and there is not type of Masdar muawwal. And in the 13 titles of the stories Kalilah wa Dimnah there are types of predicates, there are 24 khobar mufrod (60%) and 9 khobar jumlah (22,5%), and there 7 khobar sibhul jumlah (17.5%). As for the implications on learning nahwu science to students of Arabic Education State University of Jakarta is a lecturer should use teaching materials that consist of kinds of Almubtada’ Walkhobar in the stories of Kalilah Wa Dimnah or other stories or other book in order to gain an understanding of the depth and breadth in the sciences nahwu in general, and gain an understanding of the kinds of Almubtada’ Walkhobar in the stories of Kalilah Wa Dimnah or other stories or other book an specifically.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. ; 2). Dr. RA. Barnabas, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 12432 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2021 01:03
Last Modified: 08 Sep 2021 01:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19804

Actions (login required)

View Item View Item