BAHASA RESEPTIF PESERTA DIDIK TUNARUNGU-AUTIS (Studi Kasus di SLB Kembar Karya Pembangunan II)

HILMA RAHMATILLAH, . (2021) BAHASA RESEPTIF PESERTA DIDIK TUNARUNGU-AUTIS (Studi Kasus di SLB Kembar Karya Pembangunan II). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahasa reseptif yang ditunjukkan oleh peserta didik Tunarungu-autis. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik Tunarungu-autis di SLB Kembar Karya Pembangunan II. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik Tunarungu-autis menunjukkan beberapa bahasa reseptif yang dimiliki. Hasil yang ditunjukkan seperti mampu menyamakan gambar, mengetahui kata benda, mampu mengelompokkan warna dan dapat mengikuti intruksi. Hasil ini menunjukkan bahwa peserta didik Tunarungu-autis memiliki bahasa reseptif dan dapat mengembangkan kemampuan bahasa. Oleh sebab itu, orang tua dan guru perlu mengetahui kebutuhan peserta didik sehingga dapat merancang kegiatan yang tepat dan memberikan pengajaran yang sesuai agar peserta didik Tunarungu-autis dapat mengembangkan kemampuan bahasa reseptif. This study aims to determine the receptive language shown by autistic-deaf students. The subject in this study was an autistic-deaf student at SLB Kembar Karya Pembangunan II. The research method used is case study. The data was collected through observing, interviewing, and documenting. The results showed that autistic-deaf students showed some receptive language they had. The results shown include being able to equalize images, knowing nouns, being able to blend colors, and being able to follow instructions. These results indicate that autistic-deaf students have receptive language and can develop language skills. Therefore, parents and teachers need to know the needs of students so that they can design appropriate activities and provide appropriate teaching so that autistic-deaf students can develop receptive language skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hartini Nara, M. Si ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M. Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11658 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 09:45
Last Modified: 09 Sep 2021 09:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19835

Actions (login required)

View Item View Item