PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK SISWA KELAS III SD

FYRA ALDIRA AUDIA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK SISWA KELAS III SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pada era revolusi 4.0, teknologi mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan salah satunya dalam membuat media pembelajaran digital yang terdapat nilai-nilai karakter sesuai dengan tujuan pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran lectora inspire berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn untuk siswa kelas III SD dan mengukur kelayakan media pembelajaran tersebut. Metode penelitian menggunakan research and development (R&D) model pengembangan Hannafin and Peck. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pengisian angket kepada siswa, guru dan juga validasi oleh 3 dosen ahli. Teknik analisis data kuantitatif berdasarkan hasil perhitungan jawaban pada skala likert. Hasil validasi dari ahli materi diperoleh skor yaitu 87,5%. Hasil validasi dari ahli media diperoleh skor yaitu 85%, hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor 81%. serta guru kelas III SD diperoleh skor yaitu 98%. Implementasi media pembelajaran lectora inspire berbasis pendidikan karakter yang diujicobakan kepada 15 siswa kelas III SD diperoleh skor yaitu 98%. Dengan melihat hasil perhitungan, maka dapat dikatakan media pembelajaran lectora inspire berbasis pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn untuk siswa kelas III SD dianggap layak digunakan sebagai media pembelajaran. In the revolution 4.0, technology has an important role in education sector one of them to making digital media learning there are values on character education in accordance with the purpose of learning on the curriculum 2013. This study aims to designed lectora inspire learning media based character education on ppkn for students in class III elementary school and measuring the media. Research methodology use research and development model of hannafin and peck. To technique data collection to students, teachers and validation by 3 expert. Analysis technique quantitative data based on the calculation on answers in likert scale. The result of validation data from material experts with a score of 87.5%, validation result from media experts with a of score 85%, validation result from language experts with a score of 81% and grade III teachers with a score of 98%. The learning media lectora inspire based character education who then tried out on 15 students grade III Elementary School with a score of 98%. By looking at the result, it can be said lectora inspire learning media based character education on ppkn for students in class III elementary school appropriate to be used as medium learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si ; 2). Linda Zakiah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11888 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 10:12
Last Modified: 09 Sep 2021 10:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19850

Available Versions of this Item

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LECTORA INSPIRE BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK SISWA KELAS III SD. (deposited 09 Sep 2021 10:12) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item