KAJIAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR (Kajian Literatur)

ANINDEA NURSINTA RACHMANI, . (2021) KAJIAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN SIKAP CINTA TANAH AIR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SEKOLAH DASAR (Kajian Literatur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan model problem based learning dalam meningkatkan sikap cinta tanah air siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah jurnal-jurnal dan prosiding penelitian yang memiliki persamaan masalah dengan peneliti. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Data yang diperoleh kemudian diolah melalui teknik analisis data mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh, model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap cinta tanah air siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan sikap cinta tanah air siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar, sehingga guru dapat menggunakan model pembelajaran tersebut sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan sikap cinta tanah air siswa pada muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. This study aims to determine the use of problem based learning model in improving students patriotism for the homeland on Civic Education in Elementary Schools. Data sources in this study are journals and research proceedings that have similar problems with researchers. The method used in this study is a qualitative descriptive method with Miles and Huberman data analysis techniques. The data obtained is then processed through data analysis techniques ranging from data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. Based on the data obtained, the problem-based learning model can improve students patriotism for the homeland on Civic Education in Elementary Schools. The conclusion of this study is the the problem based learning model can increase students love for the homeland on Civic Education in Elementary Schools, so teachers can use the learning model as an alternative to improve student patriotism for the Civic Education in Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12421 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:26
Last Modified: 10 Sep 2021 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19905

Actions (login required)

View Item View Item