EFEKTIVITAS PEMBERIAN VIDEO BERTEMAKAN HUMOR DENGAN PERCEIVED STRESS PADA USIA DEWASA AWAL DI MASA PANDEMI COVID-19

GARUDA INDONESIA SUSETIO, . (2021) EFEKTIVITAS PEMBERIAN VIDEO BERTEMAKAN HUMOR DENGAN PERCEIVED STRESS PADA USIA DEWASA AWAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung sejak 2020 memberikan dampak yang sangat besar kepada semua orang, tidak terkecuali individu usia dewasa awal. Pada usia dewasa awal, individu diharapkan untuk mulai mencari penghasilan sendiri, mulai mandiri dari keluarga, dan mulai membangun keluarganya sendiri. Individu pada usia dewasa awal merasakan stress pada masalah yang berkaitan dengan emosional, ekonomi dan psikososial, serta sosial. Hal ini sangat berpengaruh pada individu usia dewasa awal dimana mereka menjadi sulit untuk mulai mandiri. Berbagai kesulitan yang terjadi di masa pandemi ini dan ketidakmampuan individu dalam mengatasi masalah yang dihadapi dapat berpotensi untuk menyebabkan individu usia dewasa menjadi stress. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah pemberian video efektif untuk mengurangi tingkat perceived stress pada usia dewasa awal. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuasi-eksperimen dengan dua kelompok penelitian, yaitu eksperimen dan kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian dilakukan selama tiga hari dengan memberikan tiga video humor yang berbeda pada kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perceived Stress Scale – 10 (PSS-10). Uji asumsi yang dilakukan adalah uji Wilcoxon Signed Rank untuk menguji perbandingan skor antara pretest dan posttest di tiap kelompok dan uji Mann-Whitney untuk menguji perbandingan skor tiap tes antar kelompok. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, pemberian video humor terbukti efektif dalam mengurangi tingkat perceived stress yang dialami pada individu di kelompok eksperimen terutama pada hari ketiga sesuai uji Wilcoxon (P = 0,015; P < 0.05), Uji Mann Whitney (P = 0,030; P < 0.05) dan uji Effect Size (r = -0,6; r ≥ 0,5). Hasil evaluasi penelitian juga membuktikan bahwa 75% individu merasa dirinya lebih baik setelah diberikan video bertemakan humor dan 25% individu merasa dirinya menjadi sangat baik. Dengan demikian, pemberian video humor efektif untuk menurunkan perceived stress pada individu usia dewasa awal. The COVID-19 pandemic that has been going on since 2020 has had a massive impact on everyone, including early adulthood individuals. In early adulthood, individuals are expected to start looking for their own income, being independent from their family and start building their own family. Early adulthood individuals feel stressed on the subject of emotional, economics and psychososial and social. Various difficulties that occur during this pandemic and the inability to overcome the difficulties they face can potentially cause early adult individuals to become stressed. The purpose of this study is to test whether the administration of humorous video was effective in reducing perceived stress level in early adulthood. The research was conducted using a quasi-experiment type with two groups, experiment and control. The method used in this experiment is quantitative method. The research was conducted for three days by giving three different homorous video to the experiment group. The instrument used in this study is the Perceived Stress Scale – 10 (PSS-10). The assumption test used is the Wilcoxon Signed Rank Test to test the comparison of scores between the pretest and posttest in each group and the Mann-Whitney Test to test the comparison of scores of each tests between groups. Based on the research that has been done, the provision of humorous video has proven to be effective in reducing the perceived stress level of the individuals in the experiment group especially on the third day according to Wilcoxon test (P = 0,015; P < 0.05), Mann Whitney test (P = 0,030; P < 0.05) and Effect Size test (r = -0,6; r ≥ 0,5). The results of the research evaluation also prove that 75% of the individuals feel better after being given humorous video and 25 % feels much better. Thus, the provision of humorous video is effective in reducing perceived stress in individuals in early adulthood.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lupi Yudhaningrum, M.Psi. ; 2). Prof. Dr. Suparno Eko Widodo, MM.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 12563 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 05:04
Last Modified: 14 Sep 2021 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19950

Actions (login required)

View Item View Item