PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIKLUS AIR TIGA DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

NAFISHA KHOIRIYATUSSOLIHA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIKLUS AIR TIGA DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran siklus air tiga dimensi yang digunakan untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan wawancara serta kuesioner. Penelitian pengembangan ini memelibatkan beberapa responden yaitu dosen ahli media, dosen ahli materi, dosen ahli bahasa, serta peserta kelas V sekolah dasar. Hasil penelitia dilihat berdasarkan nilai rata-rata dari uji validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang memperoleh presentase 90,2% dengan kategori sangat baik, serta uji coba peserta didik memperoleh presentase 95% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, maka media pembelajaran siklus air tiga dimensi termasuk ke dalam kategori sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi kelas V sekolah dasar. This development research aims to develop and determine the feasibility of three-dimensional water cycle learning media used for fifth grade elementary school students in science learning. The research method used is the Research and Development (R&D) research method with the ADDIE development model, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Data collection techniques carried out by researchers are using interviews and questionnaires. This development research involved several respondents, namely media expert lecturers, material expert lecturers, linguist lecturers, and fifth grade elementary school participants. The results of the study were seen based on the average value of the validation test of media experts, material experts, and linguists who obtained a percentage of 90.2% in the very good category, and the student trial obtained a percentage of 95% in the very good cate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si ; 2). Prayuningtyas A.W, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11928 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 07:49
Last Modified: 10 Sep 2021 07:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19993

Actions (login required)

View Item View Item