PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL BERBANTUAN ANDROID MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS IV SD

MURNI CAHYANI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA DALAM BENTUK BUKU SAKU DIGITAL BERBANTUAN ANDROID MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA dalam bentuk buku saku digital berbantuan android kelas IV Sekolah Dasar pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi yang dilakukan di setiap tahap. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Responden dalam pegembangan ini diantaranya, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan satu ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap expert review nilai presentase dari validator ahli materi adalah 95,3% dengan kategori sangat baik, nilai presentase validator ahli media adalah 85,3% dengan kategori sangat baik, dan nilai presentase ahli bahasa adalah 84,6% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran IPA dalam bentuk buku saku digital berbantuan android pada materi struktur dan fungsi tumbuhan ini valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. This research intends to create and test the feasibility of a science learning media in the form of a digital pocket book for IV elementary school students on plant structure and function. The ADDIE development model, which consists of five steps, namely the analysis stage, the design stage, the development stage, the implementation stage, and the evaluation stage, is used in this research and development (R&D) method. The data for this study was gathered by observation, interviews, and questionnaires (questionnaire). Respondents in this development included one expert lecturer at science subject, one media expert lecturer, and one linguist. According to the findings in the expert review stage, the subject expert lecturer validator had a percentage value of 95.3% with a very good category, the media expert validator's percentage value is 85.3% with a very good category. Linguists have an average percentage value of 84.6% in the very good group. As a result, the science learning media in the form of a digital pocket book with Android on the structure and function of plants may be claimed to be legitimate and very acceptable for use in science learning for fourth graders in elementary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11354 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2021 08:18
Last Modified: 10 Sep 2021 08:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20020

Actions (login required)

View Item View Item